Jakarta, MobilKomersial.com - Meskipun kebijakan ganjil genap ditiadakan hingga tanggal 5 April 2020, Ditlantas Polda Metro Jaya menyatakan penerapan electronic traffic law enforcement (ETLE) tetap berlaku di Jakarta.

Dilansir dari laman resminya, Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakkan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar mengatakan, ganjil genap tidak diberlakukan hingga tanggal 5 April 2020 menyusul Maklumat Kapolri yang telah dikeluarkan beberapa waktu lalu untuk masyarakat agar dapat tetap berada di rumah.

AKBP Fahri menjelaskan, penindakan bagi pengendara yang melanggar gage hingga awal April tersebut tidak akan dilakukan. 

“Tapi, penindakan pelanggaran lain akan dilakukan, semisal pengendara sepeda motor yang tidak mengenakan helm atau pengendara roda empat yang menerobos jalur busway,” ujarnya.

Baca juga : Penghapusan Ganjil Genap Jakarta Diperpanjang Hingga Awal April

Penindakan tersebut akan dimaksimalkan dengan menggunakan kamera ETLE atau tilang elektronik yang telah dipasang dan diberlakukan sejak awal tahun lalu. 

Oleh karena itu, bagi pengendara yang harus keluar rumah diwajibkan untuk tetap memperhatikan keamanan berkendara seperti menggunakan helm bagi pemotor, menggunakan sabuk pengaman untuk yang mengendarai mobil, serta dilarang bermain ponsel dan taati selalu rambu lalu lintas.

Adapun cara mengurus tilang elektronik, pengendara terkait harus melakukan konfirmasi atau pelaporan dalam kurun waktu yang ditentukan (biasanya 3 hari), usai dikirimkan bukti pelanggaran serta surat tilang ke alamat pelanggar. 

Kemudian, dalam kurun waktu 14 hari pascasurat dikirim, pengendara harus melunasi denda pelanggaran sesuai ketentuan pasal. 

Jika lewat dari massa tersebut, STNK secara otomatis akan diblokir sehingga pemilik tidak bisa bayar pajak di kemudian hari. Pembayarannya sendiri bisa melalui perbankan atau datang langsung untuk sidang.

 

(Denny)

Share :

Pertamina Terapkan Aturan Pembatasan Konsumsi Biosolar di Aceh

Konsumsi BBM subsidi jenis Biosolar setiap tahun menunjukkan peningkatan

Read More
Keringanan Kredit Kendaraan Mulai Berlaku Hari Ini, Benarkah Menguntungkan?

Keringanan kredit adalah salah satu dari beberapa program yang diandalkan pemerintah, saat kondisi masyarakat bawah tertekan akibat pandemi corona.

Read More
Daihatsu Pangkas Jam Kerja di Pabrik Antisipasi Covid-19

Karyawan pabrik bisa tetap tinggal di rumah secara bergantian. Walaupun mereka hanya bekerja 2 hari sekali, upah karyawan tetap dibayar penuh.

Read More