Tokyo, MobilKomersial.com - Perusahaan otomotif raksasa asal Jepang Toyota Motor Corporation memutuskan untuk menjalin kerjasama dengan Hino Motors untuk mengembangkan truk heavy duty yang menggunakan sel bahan bakar ramah lingkungan. Nantinya, truk buatan Toyota-Hino tersebut hanya akan menggunakan bahan bakar hidrogen.

Dilansir dari laman resminya, Toyota menyebut kerjasama ini merupakan tindakan proaktif dari keduanya, untuk menuju penyelesaian masalah lingkungan global, sebagai salah satu tugas perusahaan yang paling penting. 

Kedua perusahaan juga telah menyatakan bahwa kerjasama ini merupakan sebuah misi yang ambisius untuk mengurangi emisi CO2, pada tahun 2050 nanti dan kini mereka juga sedang mengembangkan teknologi kendaraan listrik, untuk dapat digunakan oleh masyarakat secara luas. 

“Untuk mengurangi emisi CO2, peningkatan besar akan kami lakukan dalam bentuk produk truk heavy-duty, yang dapat mengurangi sekitar 60 persen, dari total emisi CO2 yang berasal dari kendaraan komersial di Jepang," tulis Toyota.

Baca juga : Hyundai Akan Hadirkan Kendaraan Komersial Hidrogen di China

Truk heavy-duty bertenaga hidrogen yang akan dikembangkan ini menggunakan basis truk Hino Profia. Untuk sasisnya, memang dirancang khusus agar optimal, untuk kendaraan sel bahan bakar.

Truk hidrogen ini dibekali dengan tangki hidrogen bertekanan tinggi. Energi yang dihasilkan hidrogen itu disimpan di dalam baterai lithium-ion.

Untuk penggeraknya, terdapat dua fuel cell stack yang masih dikembangkan untuk Toyota Mirai. 

Simak juga : Isuzu Gandeng Honda Bikin Truk Bertenaga Hidrogen

Disebutkan pula, truk hidrogen ini bisa melaju dengan kecepatan hingga 600 km. Truk ini sendiri diklaim telah memenuhi standar tinggi dalam hal performa lingkungan dan kepraktisan sebagai kendaraan komersial.

Toyota dan Hino sendiri telah memposisikan hidrogen sebagai sumber energi penting untuk masa depan. Serta telah bekerja sama dalam mengembangkan teknologi dan berinovasi pada kendaraan sel bahan bakar selama lebih dari 15 tahun, sejak uji coba demonstrasi bersama mereka dari bus yang menggunakan sel bahan bakar pada tahun 2003 lalu. 

“Ke depan, Toyota dan Hino akan semakin memperkuat kemitraannya dan mempercepat upaya menuju terwujudnya masyarakat hidrogen," tutup pihak Toyota.

Share :

Ini Spesifikasi Truk Super Speed Fuso FM 517 HL

Truk Fuso FM 517 HL biasanya memiliki empat jenis karoseri yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna yaitu Motor Carrier, Box Besi, Bak Kayu, dan Tangki.

Read More
Melihat Spesifikasi Truk Water Canon, yang Kini Digunakan untuk Menyemprot Disinfektan

Sesuai dengan kemampuannya untuk menyemburkan air dengan kekuatan tinggi, water cannon juga dimanfaatkan untuk menyemprot disinfektan agar seluruh sisi jalan dapat terjangkau.

Read More
Jangan Khawatir, Tetap Bisa Service Truk Isuzu Meskipun di Rumah Saja

Sebagai bentuk dukungan pada kampanye #dirumahaja, Isuzu mengerahkan 136 armada Bengkel Isuzu Berjalan (BIB) di seluruh Indonesia untuk terus beroperasi dalam membantu pelanggan Isuzu.

Read More