Jakarta, MobilKomersial.com - Pemerintah sedang mempertimbangkan opsi pelarangan masyarakat untuk mudik lebaran dengan transportasi umum demi mencegah meluasnya penyebaran virus corona (COVID-19).

"Kami semua tahu bahwa berkumpulnya massa di saat mudik itu sangat dihindari situasi pandemi virus seperti ini. Jadi sedang kami bicarakan apakah mudik akan dilarang," ujar Juru bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati dalam video conference, Jumat (20/3/2020).

Wacana pemerintah tentang pelarangan mudik menggunakan transportasi umum mendapat tanggapan dari Ketua Umum Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), Kurnia Lesani Adnan. 

Menurutnya, pemerintah melarang mudik dengan alasan agar penyebaran virus jangan sampai lebih luar itu tindakanya yang sudah tepat.

Baca juga : Pengusaha Bus Intens Mengecek Awak Bus Cegah Virus Corona

Jangan lewatkan : Pandemik Corona Meluas, Mudik Lebaran 2020 Bakal Dilarang?

"Namun pertanyaannya kenapa tidak sekarang dilakukan dengan tegas pembatasan masyarakat bermigrasi?? Apa bedanya saat mudik nanti dan sekarang?," kata pria yang akrab disapa Sani saat dihubungi MobilKomersial.com, Sabtu (21/3/2020).

Lebih jauh ia menegaskan, bahwa kalau memang penyebaran virus ini bisa di putus mata rantainya dengan membatasi pergerakan orang, pemerintah harus tegas mulai sekarang.

"Pemerintah harus tegas mulai sekarang. Jangan hanya anjuran dan anjuran saja. Saya rasa kita semua sama kok harapannya, ketegasan dan kecepatan pemerintah dalam penanganan dan  penyelesaian hal ini," tukas pria yang juga menjabat Wakil Ketua Bidang Angkutan Orang Organisasi Angkutan Darat (Organda).

Share :

Pemprov DKI Jakarta Siap Operasikan 80% Bus Listrik Transjakarta pada 2030

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana akan mengoperasikan 80 persen bus listrik untuk armada Transjakarta pada tahun 2030 mendatang.

Read More
Qatar Bakal Produksi Ribuan Bus Listrik untuk Sambut Piala Dunia 2022

Total 1.500 unit bus listrik bakal diproduksi di Qatar dalam kurun waktu 7 tahun yang dimulai pada akhir 2022.

Read More
Ini Rute dan Tarif Damri untuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional di Yogyakarta

Damri bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan melayani trayek antarmoda Kawasan Strategis Pariwisata Nasional di Yogyakarta.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler