Jakarta, MobilKomersial.com - Pemerintah sedang mempertimbangkan opsi pelarangan masyarakat untuk mudik lebaran dengan transportasi umum demi mencegah meluasnya penyebaran virus corona (COVID-19).

"Kami semua tahu bahwa berkumpulnya massa di saat mudik itu sangat dihindari situasi pandemi virus seperti ini. Jadi sedang kami bicarakan apakah mudik akan dilarang," ujar Juru bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati dalam video conference, Jumat (20/3/2020).

Wacana pemerintah tentang pelarangan mudik menggunakan transportasi umum mendapat tanggapan dari Ketua Umum Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), Kurnia Lesani Adnan. 

Menurutnya, pemerintah melarang mudik dengan alasan agar penyebaran virus jangan sampai lebih luar itu tindakanya yang sudah tepat.

Baca juga : Pengusaha Bus Intens Mengecek Awak Bus Cegah Virus Corona

Jangan lewatkan : Pandemik Corona Meluas, Mudik Lebaran 2020 Bakal Dilarang?

"Namun pertanyaannya kenapa tidak sekarang dilakukan dengan tegas pembatasan masyarakat bermigrasi?? Apa bedanya saat mudik nanti dan sekarang?," kata pria yang akrab disapa Sani saat dihubungi MobilKomersial.com, Sabtu (21/3/2020).

Lebih jauh ia menegaskan, bahwa kalau memang penyebaran virus ini bisa di putus mata rantainya dengan membatasi pergerakan orang, pemerintah harus tegas mulai sekarang.

"Pemerintah harus tegas mulai sekarang. Jangan hanya anjuran dan anjuran saja. Saya rasa kita semua sama kok harapannya, ketegasan dan kecepatan pemerintah dalam penanganan dan  penyelesaian hal ini," tukas pria yang juga menjabat Wakil Ketua Bidang Angkutan Orang Organisasi Angkutan Darat (Organda).

Share :

Damri Lakukan Penyesuaian Jadwal Operasional

Terus meningkatnya penyebaran virus Covid-19 di tanah air, membuat Damri kembali mengambil kebijakan melakukan penyesuaian operasional dalam upaya memutus rantai penyebaran COVID-19 atau virus Corona

Read More
Pengusaha Bus Tunggu Kepastian Pemerintah

Para pengusaha bus masih menunggu kepastian pembatasan akses sarana transportasi keluar masuk DKI Jakarta.

Read More
BPTJ Layangkan Surat Penghentian Operasional Transportasi di Jakarta, Kemenhub: Masih Tunggu Kemenkes

Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek, mengeluarkan surat edaran terkait pembatasan transportasi umum di kawasan Jabodetabek.

Read More