Jakarta, MobilKomersial.com - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tengah membahas opsi pelarangan mudik dengan transportasi umum pada musim Lebaran 2020. 

Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Komunikasi, Adita Irawati mengatakan, opsi itu dirancang demi mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19.

"Tadi sedang kami bicarakan apakah mudik akan dilarang. Tapi ini belum diputuskan. Ini nanti ada tim kecil yang akan bahas, tim ini dipimpin salah satu deputi Kemenko Maritim," ujar Adita dalam video siaran langsung, Jumat (20/3/2020).

Adita mengatakan, pada prinsipnya, fokus dan prioritas Kemenhub adalah untuk mencegah perluasan wabah covid 19 dan mudik sendiri cukup berpotensi menjadi pusat penyebaran virus tersebut. 

"Kita tahu bahwa pengumpulan massa sangat dihindari kan. Nah kalau mudik sudah terbayang akan terjadi pengumpulan masyarakat entah itu bandara, terminal, ataupun pelabuhan," papar Adita.

Baca juga : Ada Covid-19, Kemenhub Tetap Siapkan Mudik Gratis Lebaran 2020

Kendati demikian, opsi larangan mudik tersebut baru sebatas wacana dan sedang dirembuk dalam rapat bersama Menteri Perhubungan Ad Interim Luhut Binsar Pandjaitan. 

Dari diskusi yang bergulir, ia mengungkapkan bahwa opsi ini sebenarnya memiliki risiko yaitu adanya lonjakan jumlah kendaraan non-angkutan akibat adanya pengalihan tren mudik masyarakat dari moda dari transportasi massal ke tansportasi pribadi. 

Maka, sebagai solusi, Kemenhub membuat alternatif lain, yakni tetap membuka lalu-lintas mudik lebaran, namun dengan pengawasan ketat di area transportasi umum.

Lalu bagaimana dengan program mudik gratis tahun ini? Adita menjelaskan bahwa pihaknya sedang mengevaluasinya. "Bagaimana mudik gratis? Ini juga sedang dibahas apakah akan dilarang, ditiadakan, atau dibatasi," ujar Adita.

Share :

Pertamina Terapkan Aturan Pembatasan Konsumsi Biosolar di Aceh

Konsumsi BBM subsidi jenis Biosolar setiap tahun menunjukkan peningkatan

Read More
Keringanan Kredit Kendaraan Mulai Berlaku Hari Ini, Benarkah Menguntungkan?

Keringanan kredit adalah salah satu dari beberapa program yang diandalkan pemerintah, saat kondisi masyarakat bawah tertekan akibat pandemi corona.

Read More
Daihatsu Pangkas Jam Kerja di Pabrik Antisipasi Covid-19

Karyawan pabrik bisa tetap tinggal di rumah secara bergantian. Walaupun mereka hanya bekerja 2 hari sekali, upah karyawan tetap dibayar penuh.

Read More