Jakarta, MobilKomersial.com - Pembahasan mengenai pemberantasan truk ODOL terus dilakukan. Pemerintah menetapkan pelarangan angkutan mobil barang yang Over Dimension and Over Load atau ODOL akan berlaku penuh mulai awal 2023.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, usai rapat koordinasi terkait ODOL bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Korlantas Polri, Kementerian Perindustrian, dan stakeholder terkait di Jakarta, Senin (24/2) kemarin.

Pemberantasan angkutan ODOL memang sudah lama dibahas, bahkan pihak Kementerian Perhubungan berencana menerapkannya pada 2022. Namun, di sisi lain Indonesia secara terbuka juga merasakan dampak ekonomi, akibat adanya wabah Virus Corona, dan juga isu lain yang sedang menghantui perekonomian Indonesia.

“Kami mengadakan rapat koordinasi untuk mencari solusi. Oleh karenanya kita memberikan toleransi sampai akhir 2022, dan pada 1 Januari 2023 berlaku penuh,” ucap Menhub Budi dilansir dari keterangan resmi yang diperoleh MobilKomersial.com.

Baca juga : Perbanyak Jembatan Timbang Bisa Jadi Solusi Cegah ODOL

Menhub kemudian juga menambahkan, penundaan pemberlakuan ODOL secara penuh ini, karena adanya permohonan dari para pelaku usaha, untuk meminta tenggat waktu untuk menyesuaikan diri sebelum aturan tersebut benar-benar ditegakkan. 

Selain itu, Pemerintah juga ingin meningkatkan produktivitas dari Tanjung Priok sebagai pusat logistik nasional yang melayani 60% logistik Indonesia.

Namun demikian, untuk ruas jalan tol tertentu, aturan pelarangan ODOL tetap akan tegas mulai diberlakukan saat ini. 

Ruas jalan tol tersebut yaitu jalan tol dari Tanjung Priok sampai ke Bandung. Termasuk pelarangan angkutan ODOL masuk ke pelabuhan Penyeberangan.

“Jadi (jalan tol) Tanjung Priok – Jakarta – Cikampek – Bandung tetap diberlakukan pelarangan ODOL. Teknisnya apakah akan diberlakukan hari ini atau minggu depan, akan segera disiapkan,” tegas Menhub.

Share :

Pandemi Corona Meluas, Detroit Auto Show 2020 Resmi Ditunda

Pembatalan NAIAS 2020 berawal dari sebuah memo yang dikirim pihak penyelenggara acara kepada sponsor pada hari Sabtu, 28 Maret 2020 lalu.

Read More
Ditlantas Polda Metro Tegaskan Tidak Ada Penutupan Jalan di Jakarta

Sempat beredar luas melalui pesan berantai mengenai rencana penutupan jalan dan penutupan tol di wilayah DKI Jakarta, untuk mengisolasi wilayah DKI Jakarta.

Read More
Bantu Tangani Corona, Mercedes-Benz Tawarkan Printer 3D untuk Cetak Alat Medis

Mercedes-Benz telah mengumpulkan pengalaman dalam penelitian dan penerapan manufaktur aditif selama sekitar 30 tahun. Di sektor mobil penumpang, pencetakan 3D biasanya digunakan dalam konstruksi prototipe dan produksi seri kecil.

Read More