Jakarta, MobilKomersial.com - Curah hujan yang tinggi sejak kemarin (24/2/2020) malam hingga pagi hari ini (25/2/2020) membuat beberapa wilayah di Jakarta dan sekitarnya terendam banjir.

Banjir tersebut juga dirasakan oleh pengusaha angkutan truk khusus pelabuhan Tanjung Priok yang ikut terkena imbasnya.

Kegiatan bongkar muat truk di pelabuhan Tanjung Priok terganggu lantaran armadanya terendam banjir yang juga berpotensi merugi karena truk tak bisa beroperasi.

"Ekspor impor hari ini teranjam gagal. Karena pagi tadi, Ketua Umum kami (Aptrindo, Gemilang Tarigan) mengecek ke sejumlah depo, banyak barang kualitas layer satu terendam banjir," ujar Kyatmaja Lookman, Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aprtindo) Saat dihubungi MobilKomersial.com, Selasa (25/2).

Ia menyebut, meski belum ada laporan resmi dari teman-teman pengusaha, tetapi akibat banjir di sentra bongkar muat truk pelabuhan ini mengakibatkan kehilangan pendapatan puluhan miliar rupiah.

"Kalau kita hitung ada kurang lebih 20.000 unit truk di Pelabuhan (Tanjung Priok). Kendaraan ini tidak bisa beroperasi, sehingga kegiatan lumpuh," tukasnya.

Dengan lumpuhnya puluhan armada itu, Kyatmaja menuturkan bahwa kerugiannya ditaksir mencapai Rp 30 miliar dalam sehari. 

"Ada 20 ribu truk, itu gak beroperasi aja bisa rugi Rp 30 miliar per hari. Itu belum kerusakan-kerusakan yang lain seperti buang BBM yang terkontaminasi, aki, komponen listrik, dll," ungkapnya.

Akibat banjir yang mengakibatkan rugi miliaran rupiah ini, Kyatmaja berharap pihak terkait dapat segera menanggulangi dan sigap dengan kejadian seperti ini. 

"Saya harap manajemen kejadian seperti ini khususnya manajemen banjir Pemerintah Daerah (Pemda) harus segera diperbaiki. Karena ini menyangkut hajat hidup orang banyak," tutup Kyatmaja.

Share :

Ini Spesifikasi Truk Super Speed Fuso FM 517 HL

Truk Fuso FM 517 HL biasanya memiliki empat jenis karoseri yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna yaitu Motor Carrier, Box Besi, Bak Kayu, dan Tangki.

Read More
Melihat Spesifikasi Truk Water Canon, yang Kini Digunakan untuk Menyemprot Disinfektan

Sesuai dengan kemampuannya untuk menyemburkan air dengan kekuatan tinggi, water cannon juga dimanfaatkan untuk menyemprot disinfektan agar seluruh sisi jalan dapat terjangkau.

Read More
Jangan Khawatir, Tetap Bisa Service Truk Isuzu Meskipun di Rumah Saja

Sebagai bentuk dukungan pada kampanye #dirumahaja, Isuzu mengerahkan 136 armada Bengkel Isuzu Berjalan (BIB) di seluruh Indonesia untuk terus beroperasi dalam membantu pelanggan Isuzu.

Read More