Jakarta, MobilKomersial.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui  Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) membeli dua mobil robot dari Kroasia dan Austria.

Jakarta menjadi satu-satunya provinsi di Indonesia yang punya mobil robot pemadam kebakaran canggih yang siap beraksi.

Kepala Dinas PKP DKI Jakarta, Satriadi Gunawan mengatakan kedua robot pemadam kebakaran itu dikendalikan oleh petugas Damkar yang ahli menggunakan remote control.

Satriadi menjelaskan, operator pengendali robot itu tak bisa orang sembarangan, harus petugas yang sudah berlisensi internasional.

"Sekitar 4 orang yang sudah punya lisensi. Tapi yang dididik kemarin 12 orang. 12 orang itu pada prinsipnya sudah bisa semua, tapi yang mendapat lisensi hanya 4 orang," kata Satriadi usai simulasi robot di kantor Damkar DKI, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (13/2).

Baca juga : Ribuan Motor Masuk Jalur Busway Tertangkap CCTV E-TLE

Lalu, apa kecanggihannya mobil robot damkar ini? berikut 4 fakta menarik tentang mobil robot berjenis Dok-Ing MVF-3 yang disimulasikan kemarin:

1. Robot multifungsi. Memudahkan petugas buat menanggulangi kebakaran di medan yang sulit dijangkau, mampu memecah/mendobrak berbagai material yang menutupi titik api, hingga kalau terjadi bencana, misalnya gempa, bisa menyingkirkan puing-puing dan membuka jalan yang memudahkan proses evakuasi.⁣

2. Sistem robotik berbasis remote control dengan radius 500 meter.⁣

3. Tahan ledakan, juga dilengkapi dengan tangki air 2.500 liter, 500 liter foam, dan pemancar air dengan jangkauan mencapai 55 meter dan air busa sejauh 45 meter.⁣

4. Mampu mengangkat beban seberat 2 ton, menarik beban seberat 6 ton, serta mendorong beban hingga 10 ton.⁣

Share :

Damri Buka Lowongan Kerja, Simak Syaratnya

Damri kembali membuka lowongan pekerjaan, bagi masyarakat luas

Read More
GIICOMVEC 2020: Suzuki Siap Kenalkan Kendaraan Komersial Baru

Suzuki Indonesia kembali akan berpartisipasi di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 Maret mendatang di Jakarta Convention Center (JCC).

Read More
Hati-hati, Banyak Jalan Berlubang Pasca Banjir di Jakarta

Pasca banjir yang melanda ibukota beberapa hari lalu, kini bermunculan lubang di jalan yang bahayakan pengemudi.

Read More