Jakarta, MobilKomersial.com - Kebijakan memberantas truk Over Dimension Over Load (ODOL) terus dilakukan pemerintah. Berbagai upaya dilakukan, agar jalanan bebas truk kelebihan dimensi dan kelebihan muatan atau Zero ODOL.

Tapi hingga kini, masih ada saja yang nekat, meski berbagai sanksi sudah diterapkan. Bahkan yang sekarang sedang menjadi sorotan, Kementerian Perindustrian (Kemenperin justru meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menunda pemberantasan truk ODOL.

Sangat disayangkan jika pemberantasan truk ODOL harus ditunda. Karena fakta di lapangan, banyak hal negatif dari keberadaan truk itu sendiri. Dampak yang sering terjadi akibat banyaknya truk ODOL adalah kecelakaan lalu lintas, hingga jalanan yang sering rusak.

Pengamat Transportasi, Djoko Setijowarno lewat keterangan tertulis yang diterima MobilKomersial.com menyebut, kendaraan ODOL dari sisi pemilik usaha bisa jadi menguntungkan dalam jangka pendek, tapi resiko bagi publik juga cukup besar. Mulai dari resiko terjadinya kecelakaan lalu lntas, hingga kerusakan jalan yang dilalui.

“Data dari Kementerian PUPR menyebutkan, kerugian negara mencapai Rp 43 triliun untuk perbaikan jalan nasional, akibat dilewati truk ODOL tersebut,” ujar Djoko.

Baca juga : Truk Fuso Model Lama Mau Ganti Filter, Siapkan Kocek Segini

Selain itu, dapat dilihat kembali beberapa kecelakaan yang melibatkan truk. Hampir setiap hari terjadi kecelakaan, dan perlu dikaji lebih lanjut apakah truk yang terlibat kecelakaan masuk dalam kategori ODOL.

Sudah sewajarnya jika Kemenhub ingin menerapkan kebijakan Zero ODOL, mengingat keselamatan berkendara jadi hal yang semakin ditekankan untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas.

“Menunda untuk memberantas truk ODOL berarti berkontribusi menambah angka kecelakaan lalu lintas dan makin membebani APBN/APBD. Pada akhirnya yang dirugikan adalah kepentingan umum yang lebih besar.” tegas Djoko.

 

Editor: Denny Firmansyah

Share :

Hino Dutro di Australia Punya Fitur Canggih

Truk di Australia yang disebut Hino 300 Series ini disematkan Hino SmartSafe

Read More
Rivian Siap Kirim Truk Pick Up Bertenaga Listrik pada Tahun 2021

Sebelum proses pengiriman, Rivian telah mulai mengoperasikan jalur produksi pilot di pabriknya untuk bersiap-siap memproduksi mobil pelanggan.

Read More
Buruan! Beli Isuzu Elf Tipe Ini Langsung Dapat Diskon Rp 40 Juta

PT Isuzu Astra Motor Indonesia menyiapkan program penjualan selama bulan Juli sampai Agustus mendatang bertajuk 'Merdeka!' yang berlaku nasional.

Read More