Jakarta, MobilKomersial.com - Salah satu pengguna Grab mengaku nyaris mengalami tindak kejahatan oleh oknum driver yang ingin membawa kabur dirinya.

Beruntung penumpang tersebut akhirnya selamat dari dugaan tindakan kejahatan oknum driver itu berkat 'Tombol Darurat atau 'Emergency Button yang ada di layanan transportasi online itu. Fitur serupa juga dimiliki oleh Gojek.

'Tombol Darurat' merupakan satu dari berbagai fitur keamanan yang tersedia di Grab untuk memastikan keamanan dan keselamatan penumpang.

Selain tombol darurat, kedua platform transportasi online ini juga memiliki fitur keselamatan lain yaitu 'Bagikan Informasi Perjalanan' (Share My Ride). 

Baca juga : ExxonMobil Jadi Pelumas Resmi GrabCar

Fitur ini membuat pengguna bisa membagikan perjalanan kepada orang terdekat untuk melacak lokasi dan status perjalanan, lengkap dengan perkiraan waktu kedatangan dan detail mitra pengemudi.

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan fitur darurat di kedua layanan online tersebut? berikut ini penjabaranya.

Cara pakai tombol darurat Grab

1. Sebelum bisa menggunakan fitur 'Tombol Darurat', pengguna aplikasi harus mendaftarkan tiga kontak darurat terlebih dahulu.  Tambahkan kontak darurat di 'Profil' kemudian pilih 'Kontak Darurat'.

2. Jika ada kondisi darurat, pengguna mengklik tulisan 'Pusat Keselamatan' dengan ikon perisai, kemudian pilih 'Dapatkan Bantuan Darurat'.

3. Jika sudah klik bantuan darurat, call center Grab akan segera menghubungi pengguna. Grab mengingatkan, tombol darurat hanya untuk melaporkan tindak kejahatan/kriminal & situasi membahayakan (kecelakaan lalu lintas).

Semua kontak darurat yang sudah didaftarkan akan menerima SMS pemberitahuan secara simultan. Semua SMS yang diterima oleh kontak darurat yang didaftarkan pengguna akan dikirim oleh Grab atas nama pengguna.

 Simak juga : Grab dan Hyundai Luncurkan GrabCar Elektrik di Bandara Soetta

Cara pakai tombol darurat Gojek

1. Saat pesanan sudah dilakukan dan pengguna sudah mendapatkan pengemudi, pilih ikon perisai.

2. Kemudian pilih ikon Panggil bantuan darurat untuk meminta bantuan ke Unit Darurat Gojek.

Tak hanya tombol darurat, Gojek juga dilengkapi dengan fitur 'Bagikan Perjalanan' yang memungkinkan pengguna untuk membagikan informasi perjalanan kepada keluarga dan teman. 

Informasi perjalanan bisa dibagikan melalui SMS, WhatsApp, hingga Line. Fitur 'Tombol Darurat' ini bisa digunakan baik oleh pengguna ataupun mitra driver.

Share :

Cara Gampang Membersihkan Cakram Kendaraan Saat WFH

Kita bisa melakukan perawatan ringan dengan modal peralatan perbengkelan seadanya, setidaknya untuk memastikan performa rem tidak menurun.

Read More
Lakukan Cara Ini Saat Mobil Terparkir Lama di Dalam Garasi

Sebaiknya Anda juga harus rajin mengecek kondisi mobil Anda. Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat mobil Anda yang lama terparkir di garasi rumah dari Mitsubishi Motors

Read More
Cek Busi Kendaraan, Mumpung Lagi Work From Home

Sambil mengusir rasa bosan, mengecek kondisi kendaraan yang lama berdiam dirumah bisa jadi alternatif, apalagi jika sebelumnya setiap hari kendaraan pasti beroperasi.

Read More