Jakarta, MobilKomersial.com -  Mengisi bahan bakar tentunya sudah menjadi hal yang wajib, bagi pemilik kendaraan bermotor. Tapi kebiasaan mengisi BBM saat indikator berada di E ternyata bisa berbahaya bagi mesin.

Sebenarnya setiap kendaraan memiliki sisa bahan bakar cadangan sekitar 10 hingga 15 persen, tapi sebaiknya jangan membiasakan mengisi BBM saat indikator berada di E. Walaupun memang kebiasaan itu tidak akan merusak mesin kendaraan secara langsung.

Alasan tersebut dikarenakan, kotoran yang berada di tangki bahan bakar bisa naik ke mesin. Walaupun memang sebenarnya ada filter, tapi jika terlalu sering dapat mengakibatkan mesin cepat kotor.

Hal tersebut pastinya membuat mesin tersendat hingga dapat menurunkan performanya. Otomatis juga kendaraan harus segera dibawa ke bengkel untuk dibersihkan.

Baca juga : Berbagi Berkah MyPertamina 2020 Berhadiah Mobil Porsche Boxster dan Moge

Dari segi keamanan berkendara, menurut Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), kebiasaan itu kurang baik, karena kendaraan dalam kondisi terbatas secara bahan bakar.

"Artinya, pada saat tertentu dan mendesak, pengemudi harus kehilangan waktu, dengan menuju SPBU untuk mengisi BBM saat memulai perjalanan," sambung Sony.

Share :

Cara Gampang Membersihkan Cakram Kendaraan Saat WFH

Kita bisa melakukan perawatan ringan dengan modal peralatan perbengkelan seadanya, setidaknya untuk memastikan performa rem tidak menurun.

Read More
Lakukan Cara Ini Saat Mobil Terparkir Lama di Dalam Garasi

Sebaiknya Anda juga harus rajin mengecek kondisi mobil Anda. Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat mobil Anda yang lama terparkir di garasi rumah dari Mitsubishi Motors

Read More
Cek Busi Kendaraan, Mumpung Lagi Work From Home

Sambil mengusir rasa bosan, mengecek kondisi kendaraan yang lama berdiam dirumah bisa jadi alternatif, apalagi jika sebelumnya setiap hari kendaraan pasti beroperasi.

Read More