MobilKomersial.com -- Warga bangka khususnya Pangkal Pinang pasti tidak asing dengan alat transportasi bus yang terbuat dari Kayu. Oto Pownis, sebutan untuk moda transportasi dari Pangkalpinang menuju Sungailiat a (Pinkong-Liatkong).

Di tahun 1970, 1980 hingga 1990 Pownis sendiri beroperasi sekitar 53 unit. Basis bus kayu ini sebenarnya truk medium. Pownis menjadi bus terakhir yang tersisa dari bus kayu Bangka.

Pownis menggunakan mesin Mitsubishi Colt Diesel 100 PS, dan hampir keseluruhannya terbuat dari kayu seperti tempat duduk, jendela hingga pintu. Biasanya kayu yang digunakan adalah kayu Ubak atau Medang, Mentangir dan Menggris.

Kaca jendela mobil ini bisa dinaik turunkan sesuai kondisi dan cuaca. Uniknya, untuk bagasi penumpang ada di bagian atas mobil.

Share :

Tanggapan Operator Bus Soal Kenaikan Tarif Tol

Sejumlah ruas tol di wilayah Jawa telah mengalami kenaikan tarif yang berlaku sejak Minggu, 17 Januari 2021.

Read More
Plesiran ke Yogyakarta Kini Bisa Naik Damri, Ini Rutenya

Damri bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan membuka layanan trayek angkutan antarmoda Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

Read More
Wow! Legacy SR2 Double Decker Dijadikan Bus Pribadi Perusahaan Rokok Sukun

Bus yang menggunakan sasis tronton Mercedes-Benz OH 2542 triple axle ini dicat dengan warna biru navy (dongker) dan terdapat tandatangan nama belakang dari pemilik pabrik rokok.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler