Jakarta, MobilKomersial.com - Filter udara atau air filter merupakan komponen aksesori yang penting bagi kendaraan. 

Filter udara pada mobil maupun motor memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menyaring kotoran atau debu dari udara luar yang akan masuk ke ruang pembakaran pada kendaraan.

Sayangnya, sebagian pemilik kendaraan masih suka menyepelekan untuk mengganti filter udara. Padahal, komponen aksesori ini harus diganti setiap 20 ribu kilometer atau setiap setahun sekali. 

Sederhananya, dapat dilakukan pemeriksaan setiap 10 ribu kilometer untuk mengetahui apakah filter udara sudah banyak kotoran yang menumpuk atau belum. 

Jika tidak rutin mengganti filter udara, ada beberapa kerugian yang akan dirasakan oleh pemilik kendaraan, salah satunya adalah bensin jadi boros. Apakah benar seperti itu?

Baca juga : Awas, Hal Sepele ini Bisa Bikin Mesin Kendaraan Overheat

Menanggapi hal tersebut, Arief Hidayat, CEO PT Welty Indah Perkasa sebagai pemasok produk Wealthy, mengatakan bahwa filter udara yang jarang diganti atau tidak diganti sama sekali akan memiliki kotoran yang menumpuk pada filter tersebut. 

"Akibatnya, penyaringan udara kotor dan debu tidak maksimal, selain itu, serat-serat udara pun menjadi tipis," ungkap Arief saat ditemui MobilKomersial di Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Arief menambahkan, dampak dari kotoran yang menumpuk pada filter udara juga bisa menyebabkan bertambahnya konsumsi bensin. 

"Ini bisa terjadi karena adanya sumbatan kotoran sehingga langkah hisap piston menjadi berkurang dan tidak maksimal," sambungnya. 

Selain itu, lanjutnya, adanya sumbatan pada filter dapat juga mengakibatkan adanya kotoran yang masuk ke ruang bakar dan akhirnya menghambat supply udara di ruang bakar.

"Akibatnya, beban tenaga di ruang bakar terhambat dan harus mengeluarkan tenaga lebih besar sehingga bahan bakar menjadi lebih boros dibandingkan keadaan normal kendaraan," tukas Arief.

Simak juga : Kecelakaan Mengintai, Persiapkan Hal Ini Sekarang!

Untuk itu, kata Arief menegaskan bahwa, kebersihan pada filter udara kendaraan sangat penting dan wajib diperhatikan untuk menjaga performa kendaraan Anda.

"Jangan sampai dirugikan karena bahan bakar menjadi boros atau bahkan dapat menimbulkan domino effect seperti ruang bakar dan mesin yang bermasalah," tutupnya. 

Share :

Dalam Keadaan Darurat, Begini Cara Gunakan Tombol Darurat Grab dan Gojek

Selain tombol darurat, kedua platform transportasi online ini juga memiliki fitur keselamatan lain yaitu 'Bagikan Informasi Perjalanan' (Share My Ride).

Read More
Warna Cat Pengaruhi Harga Mobil, Benarkah?

Banyak isu yang sering beredar di masyarakat, mengenai harga mobil yang berbeda karena warnanya.

Read More
Ini Bahayanya Jika Terlalu Sering Isi BBM Ketika Indikator Menyentuh 'E'

Sebaiknya jangan membiasakan mengisi BBM saat indikator berada di E

Read More