MobilKomersial.com – Bagi yang sering bepergian menggunakan bus Jakarta – Solo pasti tidak asing dengan bus yang memilki kursi seempuk spring bed ini, ya, PO Raya, perusahaan otobus asli Wonogiri yang sudah setia mengantarkan pelanggan setianya sejak tahun 1982.

Raya memang menjadi salah satu PO kebanggaan masyarakat Jawa Tengah, khususnya Sukoharjo, Solo dan sekitarnya.

Awalnya, sebelum menjadi PO Raya, ditahun 1959, sang pemilik yakni Witikno dan Ranu Wijaya mendirikan bisnis truk bernama Radar. Beberapa tahun kemudian, nama PO. Raya lahir dengan 1 unit armada bus bekas keluaran tahun 1960 yang dibeli dari PO Suka Mulya.

Diketahui dari berbagai sumber, PO Raya mulai membuka trayek bus malam Solo – Jakarta pada tahun 1982. Dengan mengandalkan empat unit bus bermesin Mercedes-Benz OF 1113. Unit bus keempat terdiri dari dua unit kelas non-AC dan AC 2 uni VIP dengan 28 kursi. Hingga kini, bus dengan 28 kursi masih diaplikasikan pada kelas VIP.

Ciri khas yang paling menonjol dari PO Raya adalah di kursinya, kenapa? Ternyata, kursi yang dipakai itu adalah bekas pesawat. Kursi terasa lebih empuk karena busanya lebih tebal. Di kala itu, PO Rayalah yang memiliki seat paling nyaman. Mungkin ini yang menyebabkan PO ini masih memiliki pelanggan setia hingga kini.

Selain itu, katanya bus ini sangat nyaman dan tidak ugal-ugalan saat dijalan. Menurut salah satu yang pernah naik bus PO Raya, mysukmana (akun blog), “dulu kalau ke Jakarta, naik ini enak..jalannya pelan anteng..dan sopirnya rata rata sudah separuh baya..jadi gak ugal2an..

Hingga kini, PO Raya memang mengutamakan kenyamanan pelanggan. Buktinya, hingga saat ini armadanya masih menggunakan sasis dari Mercedes-Benz. Sasis terakhir yang digunakan adalah Mercedes Benz OH 1521 Series - OM 366 LA garapan Karoseri Laksana dengan model All New Legacy SR 2 - HD Prime.

Jadi, apakah kalian salah satu penikmat kenyamanan kursi pesawat PO Raya?

 

Sumber Foto : Doc. Rahmad Mardian

Share :

PO Murni Jaya Buka Trayek Yogyakarta Tujuan Jabodetabek, Segini Tarifnya

Adapun trayek terbaru PO Murni Jaya ini berangkat pada pukul 07.30 WIB dan malam pukul 18.30 WIB dengan tarif sebesar Rp 150 ribu plus servis makan.

Read More
Transjakarta Operasikan 21 Unit Bus Gandeng

Penambahan tersebut diharapkan dapat menambah kapasitas daya angkut pelanggan Transjakarta pada setiap ruas rute baik itu koridor dan non koridor.

Read More
Viral, Bus Turunkan Penumpangnya Sembarangan

Seperti sebuah video yang menceritakan kejadian kurang baik menimpa para pendaki Indonesia yang hendak pergi menuju Wonosobo menggunakan bus.

Read More

Terkini

honda

Terpopuler

honda