MobilKomersial.com -- Ada yang penasaran gak sih, kenapa bus banyak yang pakai sasis Hino? Kalau dilihat, populasi bus yang menggunakan sasis Hino memang terbilang banyak. Hampir seluruh Perusahaan Otobus (PO) di Indonesia pasti memiliki bus dengan sasis pabrikan Jepang ini.

Lantas apa sih yang membuat bus Hino laku di pasaran?

Saat ini, Hino memiliki beragam jenis sasis bus, sebut saja sasis bus AK, FC, RN dan yang paling populer adalah RK8. Sasis Hino RK8 sangat populer dikalangan PO.

Kenapa bisa populer?

Ada beberapa faktor yang membuat RK8 menjadi senjata para PO untuk menjadi ladang cari uang. Pertama, mungkin bukan rahasia lagi kalau sasis Hino lebih murah dibanding dengan sasis lain. Apalagi kalau dilihat Hino menjadi satu-satunya pabrikan jepang yang fokus bermain di segmen bus.

Nah, jika dibandingkan dengan yang satu segmen, seperti sasis Mercedes-Benz OH 1526 yang dibanderol Rp 900 juta-an, Hino masih lebih terjangkau dengan harga kisaran Rp 700 juta-an.

Saat sudah melihat harga yang terjangkau, bagaimana dengan mesinnya? Sasis Hino RK8 dibekali mesin diesel berkode J08E-UF dengan konfigurasi 6 silinder segaris yang sudah dilengkapi dengan turbocharge dan intercooler. Hal ini membuat mesin Rk lebih bandel dan bertenaga. Meski berkapasitas 7.684 cc, RK8 mampu menghasilkan tenaga 260 ps/ 2.500 rpm dan torsi 760 Kgm/ 1.500 rpm. Mesin Hino RK8 juga sangat cocok untuk solar di Indonesia karena masih dalam kategori Euro II.

Mesinnya juga awet dalam penggunaan filter bahan bakar. Keunggulan lain ada di kapasitas oli yang hanya 12,7 liter saja. Jadi biaya penggantian oli lebih murah dibandingkan dengan yang lain.

Bukan hanya mesin yang bandel, daya tahan atau durability dari RK8 juga cukup mendapat jempol. Selain itu, sasis dengan platform ladder frame juga sangat cocok untuk dibuat berbagai model bus.

Sejak hadirnya pada 2007 lalu, sasis ini menjadi andalan banyak PO. Dari segi perawatan RK8 juga terbilang mudah dan murah. Spare part dan komponen yang mudah didapat jika terjadi kerusakan. Sudah begitu didukung juga oleh diler resmi yang tersebar di seluruh kota besar di Indonesia.

"Hino banyak dipilih oleh PO karena servis dan suku cadang selalu tersedia. Harga juga menjadi faktor utama sasis Hino jadi pilihan para PO. Produk kami juga terkenal bandel dan kuat. Saat ini, Hino banyak menjadi tulang pungung para PO untuk bisnisnya, " ungkap Santiko Wardoyo, Direktur Sales & Promosi HMSI.

Share :

Bus Sudiro Tungga Jaya Tersesat di Hutan Wonogiri, Kok Bisa?

Bus jurusan Ponorogo-Jakarta itu mulai berangkat dari Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur menuju ke Jakarta melalui kaki Gunung Lawu di perbatasan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Read More
Volvo Luncurkan Bus Artikulasi Bertenaga Listrik di Ajang Busworld International 2019

Bus artikulasi bertenaga listrik ini diluncurkan pada Jumat 18 Oktober 2019 di pembukaan ajang Busworld International di Brussels, Belgia.

Read More
Beroperasi Lagi, Intip 'Daleman' Bus Zhongtong

Bus ini merupakan model Zhongtong 6180GC City Bus (BRT) dengan panjang total 18 meter untuk bus gandengnya

Read More