MobilKomersial.com – Wonogiri terkenal sebagai gudangnya perusahaan otobus (PO). Ada ratusan bus kota maupun AKAP yang memiliki trayek dan pool di kota ini. Sudah begitu, masyarakatnya cenderung menggunakan bus untuk transportasi.

Ditahun 1990-an, trayek Wonogirian meraih masa kejayaan. Penumpang selalu penuh. Selain itu, pengusaha PO juga meraih keuntungan besar karena pada saat itu biaya operasional dan pemeliharaan armada masih rendah.

Beberapa PO asli Wonogiri yang pernah merasakan era kejayaan transportasi bus di kota Gaplek ini yaitu PO Giri Indah, Gajah Mungkur, Purwo Widodo, Sedya Mulya, Gunung Mulia, Tunggal Dara, Tunggal Daya, Timbul Jaya, Ismo, Putera Mulya dan Wasis.

Namun, masa kejayaan itu tak bertahan lama. Di akhir tahun 1990-an tepatnya pada masa krisis moneter, para PO mengalami kesulitan. Bahkan, banyak PO yang harus gulung tikar karena beberapa sebab. Seperti naiknya biaya operasional pasca krisis, dan minimnya modal untuk melakukan peremajaan pada armada.

Mungkin kalau masalah peremajaan armada adalah faktor eksternal, karena hadirnya pesaing baru yang berasal dari luar kota.

Share :

Kejuaraan ABB Formula E Championship Resmi Hadir Di Jakarta, BMW Turunkan Tiga Mobil Listriknya

Pemerintah kota DKI Jakarta bersama Formula E mengumumkan masuknya sirkuit Jakarta E-Prix pada seri kejuaraan ABB Formula E Championship musim 2019/2020.

Read More
Jelang IMX 2019, NMAA Goes to Campus 'Geruduk' Universitas Tarumanagara

Bersama Datsun Indonesia, rangkaian NMAA Goes To Campus ini bertujuan untuk menyiapkan generasi muda khususnya mahasiswa untuk mengerti pola bisnis di industri otomotif khususnya digital.

Read More
Deretan Brand Komersial Ramaikan Pameran Mining Indonesia 2019

Ajang yang bertempat JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat mulai 18-21 September 2019 ini tercatat sejumlah pabrikan kendaraan komersial meramaikan ajang dua tahunan ini.

Read More

Terkini

honda

Terpopuler