Jakarta, MobilKomersial.com - Pemerintah Indonesia telah menetapkan industri otomotif sebagai salah satu sektor andalan dalam roadmap Making Indonesia 4.0. Untuk itu, Indonesia menargetkan pada tahun 2030 dapat menjadi basis produksi kendaraan listrik (Electrified Vehicle).

Langkah ini ditandai dengan digelarnya pameran kendaraan elektrifikasi bertajuk Indonesia Electric Motor Show (IEMS) yang berlangsung pada tanggal 4-5 September 2019 di Balai Kartini, Jakarta. Selain itu juga, menyambut Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan  Penyelenggaraan yang diterbitkan pada 15 Agustus 2019 lalu. Dalam pameran ini, produsen otomotif, termasuk Toyota Indonesia menampilkan beragam pilihan kendaraan elektrifikasi.

Toyota Indonesia menghadirkan pilihan teknologi elektrifikasi terlengkap dengan menampilkan 4 jenis teknologi dalam pameran ini yaitu C-HR Hybrid Electric Vehicle (HEV), Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), i-ROAD Battery Electric Vehicle (BEV), dan Mirai Fuel-Cell Electric Vehicle (FCEV).

"Toyota memiliki perhatian tinggi untuk dapat memberikan sumbangsih dalam pengembangan industri kendaraan elektrifikasi termasuk di dalamnya industri rantai pasok, sehingga mampu memenuhi permintaan pasar domestik,” ungkap Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia dalam keterangan tertulisnya, Rabu (4/5/2019).

Toyota Prius telah melantai secara perdana di pasar domestik pada 2009  sebagai model HEV. Selain Prius, juga tersedia ragam pilihan kendaraan berteknologi hibrida di Indonesia, seperti Camry, Alphard serta C-HR yang baru saja diluncurkan pada awal tahun 2019 ini. 

Tidak hanya itu, Toyota juga memiliki kendaraan dengan teknologi flexi engine yang dapat mengakomodasi bahan bakar berbasis nabati/bio seperti biodiesel dan ethanol. Bahkan ethanol engine telah diekspor utuh sejak tahun 2012 ke Argentina.

Ragam pilihan teknologi kendaraan tersebut diperlukan mengingat kebutuhan masing-masing konsumen berbeda, sehingga dapat mendukung populasi penggunaan yang masif dimana nantinya akan memberikan manfaat yang maksimal.

President Director Toyota-Astra Motor, Yoshihiro Nakata, menyebutkan Toyota secara aktif menyambut baik upaya Pemerintah Indonesia dalam akselerasi penerapan teknologi maju. 

Kendaraan bermotor listrik, punya kelebihan soal tidak lagi menghasilkan emisi CO2, sekaligus mengurangi ketergantungan  konsumsi bahan bakar nabati. Walau, masih ada pemikiran soal harga unitnya yang lebih mahal, kesiapan infrastruktur di berbagai daerah, serta fast charging.

Menurut Nakata, selain menyiapkan produk dan teknologi, maka dibutuhkan juga kesiapan pasar demi tercapainya roadmap pemerintah di tahun 2025. Salah satu upaya nya adalah dengan memberikan pengetahuan  kendaraan listrik kepada masyarakat. Dan lagi penyiapan infrastruktur pendukung serta jaringan layanan, sehingga itu dapat mengurangi kekhawatiran publik.

Sebelumnya, Toyota Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian RI, Kementerian Ristekdikti RI serta enam Universitas (Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sebelas Maret, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Udayana) dengan menyediakan alat bantu riset berupa 18 unit mobil (6 Prius HEV, 6 Prius PHEV, and 6 Corolla mesin bakar internal), data logger, fasilitas charging, dan asistensi teknik.  

Sementara di tingkat global, Toyota telah mewujudkan kendaraan ramah lingkungan dengan membebaskan sekitar 24 ribu hak paten terkait dengan teknologi elektrifikasi. Selain itu mulai tahun 2025 mendatang, setiap model kendaraan Toyota akan memiliki pilihan teknologi elektrifikasi. 

Share :

Punya Hype Tinggi, Kampanye Xpander Tons of Real Happiness Raih 2 Penghargaan

Konsep komunikasi Xpander Tons of Real Happiness dianggap dapat merepresentasikan kegiatan PR, Media dan Marketing secara terintegrasi dan kreatif.

Read More
Wuling Permudah Pegawai Departemen Hukum dan HAM Beli Produknya

PT Maju Global Motor selaku mitra diler Wuling Motors (Wuling) resmi bekerjasama dengan Koperasi Pengayoman Pegawai Departemen Hukum dan HAM Republik Indonesia (KPPDK) pada Kamis (19/9).

Read More
Vespa GTS Super Tech 300 Ditawarkan Dengan Harga Selangit, Tapi Teknologinya Makin Ajib

PT Piaggio Indonesia mengklaim Vespa GTS Super Tech 300 adalah Vespa tercanggih yang pernah ada!

Read More

Terkini

honda

Terpopuler