Mobilkomersial.com -- Dari sekian banyak perusahaan otobus legendaris yang pernah berjaya di Indonesia, ada salah satu po bus pariwisata yang hingga kini masih eksis dan bertahan, yakni PO Hiba Utama. PO legendaris ini tak hanya bertahan, namun malah berkembang di tengah kerasnya persaingan. Hiba Utama mampu berkembang menjadi sebuah grup perusahaan transportasi yang besar.

Hiba utama berdiri sejak tahun 1949 dan didirikan oleh Hermawan Singgih. Saat itu, PO yang bermarkas di Jakarta Timur ini berawal dari penyewaaan kendaraan bus untuk acara pemerintahan dan layanan distribusi bahan bakar minyak.

Seiring berjalannya waktu, Hiba Utama tumbuh menjadi sebuah grup besar dengan memulai sebagai penyedia layanan bus pariwisata dan juga bus antar jemput karyawan.

Pelayanan yang prima membuat PO yang satu ini mendapatkan banyak penghargaan. Seperti penghargaan Adi Karya Wisata selama empat tahun berturut yakni tahun 1993, 1994, 1995 dan 1996. Ada juga penghargaan dari Adikaryottama Wisata pada 1996 dan 2001 lalu.

PO Hiba Utama memiliki keberagaman armada dan memiliki beberapa pool dikawasan Jakarta, Jawa Barat dan Banten.

Tak mau tergerus persaingan, Hiba Utama turut mengembangkan sayap dengan membuka layanan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di tahun 90-an dengan nama PO Laju Prima. Selain itu ada bus reguler lainnya yang menjadi anak perusahaan Hiba Group. 

Ada beberapa anak perusahaan Hiba group yang masih eksis dan populer saat ini, seperti Murni Jaya, Asli Prima, Setia Negara, Laju Utama, Hiba Putra, Restu Jaya dan Pandu jaya.

Selain bus pariwisata dan reguler, Hiba Group juga memiliki layanan lain seperti rental mobil, transportasi angkutan barang hingga menjadi jaringan diler resmi truk dan bus merk Hino, kategori II, III dan V.

Share :

Karoseri Berlogo Mirip Ferrari Ini Pernah Jadi Pesaing Berat Morodadi Prima

PT. KARYA TUGAS ANDA atau lebih di kenal dengan nama TUGASANDA bersaing sengit dengan karoseri- karoseri besar lain di Jawa Timur seperti Morodadi Prima dan Malindo

Read More
PO Eka - Mira, Si Kembar yang Berbagi Lintasan di Jalur Jawa Timur-an

PT Eka Mira Prima Sentosa, atau biasa dikenal dengan PO Eka-Mira, adalah penyedia jasa transportasi publik bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Read More
Rahayu Santosa, Karoseri Kawakan Indonesia yang 'Mati' Karena Jaman

Perusahaan karoseri Rahayu Sentosa (RS) berdiri sejak tahun 1951 oleh Bambang Mulyadi. Awalnya, Rahayu Santosa merupakan perusahaan yang bergerak di bidang transportasi umum.

Read More

Terkini

honda

Terpopuler