MobilKomersial.com -- Ban merupakan komponen penting bagi suatu kendaraan. Pemilihan ban yang tepat juga berdampak pada performa dan konsumsibahan bakar kendaraan. Apalagi untuk kendaraan besar seperti bus dan truk yang mengangkut bobot berat.

Secara umum, ban kendaraan terbagi dalam dua jenis, yakni ban bias dan ban radial. Perbedaan dua jenis ban ini terdapat dari susunan serat baja atau sering disebut carcass cords. Jika ban bias memiliki konstruksi jalinan benang yang di tenun secara diagonal atau menyilang. Jalinan benang hanya terdapat pada permukaan ban saja. Tidak samapi pada dinding samping ban.

Sedangkan ban radial memiliki konstruksi carcass cords yang melintang searah dari arah kiri kekanan atau sebaliknya. Namun jalinan benang ban radial sampai ke dinding ban.

Namun keunggulan dari ban bias adalah dari karet yang lebih kuat dan tebal. Ciri khas ban bias adalah alur yang terdapat pada dinding samping ban yang berfungsi menambah traksi saat dijalan berlumpur.

Berbeda dengan ban radial yang memiliki karet lebih lembut, lentur serta tapak ban yang tidak terlalu tebal. Namun daya cengkram ke permukaan aspal lebih bagus dari pada ban bias. Ciri yang dapat dilihat dari ban radial adalah permukaan dinding samping yang halus dan rapi.Tidak ada alur seperti ban bias.

Nah, ban mana yang cocok digunakan bus di Indonesia?

Share :

Dukung Sektor Pertambangan, ExxonMobil Luncurkan  Pelumas Inovatif

MobilTM Lubricants Indonesia memperkenalkan produk terbaru Mobilgreaseā„¢ EP 2

Read More
Bosch Kenalkan Aki T5 Mega Power untuk Kendaraan Heavy Duty

Di pameran yang digelar mulai 19-22 September 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta ini, Bosch kembali berpartisipasi dengan menampilkan teknologi inovatif dan peralatan yang andal untuk industri pertambangan di Indonesia.

Read More
Wealthy Paint Protection Film Bisa Lindungi dari Baret dan Tidak Menguning

Wealthy PPF ini bukan hanya tahan terhadap goresan, tetapi juga bersahabat dengan chemical atau cairan pembersih. Selain itu, lapisan film pada PPF tersebut juga mampu menolak sinar ultraviolet hingga 95 persen.

Read More