MobilKomersial.com -- Ban merupakan komponen penting bagi suatu kendaraan. Pemilihan ban yang tepat juga berdampak pada performa dan konsumsibahan bakar kendaraan. Apalagi untuk kendaraan besar seperti bus dan truk yang mengangkut bobot berat.

Secara umum, ban kendaraan terbagi dalam dua jenis, yakni ban bias dan ban radial. Perbedaan dua jenis ban ini terdapat dari susunan serat baja atau sering disebut carcass cords. Jika ban bias memiliki konstruksi jalinan benang yang di tenun secara diagonal atau menyilang. Jalinan benang hanya terdapat pada permukaan ban saja. Tidak samapi pada dinding samping ban.

Sedangkan ban radial memiliki konstruksi carcass cords yang melintang searah dari arah kiri kekanan atau sebaliknya. Namun jalinan benang ban radial sampai ke dinding ban.

Namun keunggulan dari ban bias adalah dari karet yang lebih kuat dan tebal. Ciri khas ban bias adalah alur yang terdapat pada dinding samping ban yang berfungsi menambah traksi saat dijalan berlumpur.

Berbeda dengan ban radial yang memiliki karet lebih lembut, lentur serta tapak ban yang tidak terlalu tebal. Namun daya cengkram ke permukaan aspal lebih bagus dari pada ban bias. Ciri yang dapat dilihat dari ban radial adalah permukaan dinding samping yang halus dan rapi.Tidak ada alur seperti ban bias.

Nah, ban mana yang cocok digunakan bus di Indonesia?

Share :

Bosch Siapkan Rapid Test COVID-19, Pemeriksaan Hanya Butuh 2,5 Jam

Perangkat ini dilaporkan sudah digunakan di rumah sakit, laboratorium, dan praktik medis untuk mengidentifikasi serangkaian penyakit bakteri dan virus termasuk influenza dan penumonia.

Read More
Semprot Wealthy Air Sanitizer di Kabin Mobil Bisa Cegah Virus dan Bau Tak Sedap

Langkah dalam membersihkan interior mobil adalah dengan fogging atau menyemprotkan cairan pembersih untuk menangkal virus corona.

Read More
Antisipasi Corona, Wealthy Hadirkan Hand Sanitizer yang Aman Bagi Anak-anak

PT Welty Indah Perkasa atau Wealthy Group mengambil inisiatif dengan memproduksi cairan pembersih tangan, Wealthy Hand Sanitizer.

Read More