Jakarta, MobilKomersial.com - Dibanding dengan mobil penumpang, merawat kendaraan niaga butuh perhatian lebih. 

Bukan hanya karena mobilitasnya yang cukup tinggi lantaran dijadikan sebagai kendaraan pengangkut barang-barang. Namun perhatian ekstra juga dibutuhkan dari pengemudinya. Mengemudi yang buruk akan berimbas terhadap kendaraannya.

Lalu, bagaimana cara merawat truk yang benar? Didi Ahadi, Department Head of Technical Support Department Toyota Astra Motor (TAM) mengemukakan, kiat menjaga truk agar kondisi truk selalu 'gress' bandel. Inilah tips yang sering dilakukannya. 

1. Jaga tekanan angin ban. Bila sampai gembos, paling menderita sopir

2. Bila kempis dan dalam kondisi panas, bila dipaksakan buka baut roda, ulirnya bisa rusak. Tak cuma itu, menurut Didi bisa membaca baut roda kendur tanpa harus menggunakan kunci. Tandanya, ada kotoran dan terputus-putus.

3. Ketika mengganti ban, upayakan jangan sampai rusak (cacat). Keuntungannya, ban bekas 1 unit Rp350 ribu. Jika sudah rusak dihargai Rp10.000.

4. Bila mobil tidak lagi beroperasi langsung dicuci 

5. Periksa air, oli, kekencangan tali kipas dan baut roda. "Karena, nyawa mobil itu oli dan air. Kalau solar saja habis, hanya mogok," pesannya. 

6. Penggantian oli dilakukan setiap 10.000 km. Kalau turun mesin, paling lama 11 tahun. Untuk kendaraan ukuran lebih kecil 8 sampai 10 tahun. 

7. Perhatikan sistem air, jangan sampai masuk ke mesin.

 

Share :

Jangan Asal Pasang, Ini Tips Cara Memilih Kaca Film yang Bagus

Selama ini masih ada persepsi yang salah dalam hal memilih kaca film. Kebanyakan orang saat ini memasang kaca film selalu terfokus pada tingkat kegelapan, jadi hanya asal pasang.

Read More
Jangan Remehkan, Lihat Tanda-Tanda Aki Mobil Sudah Harus Diganti

Pada aki biasanya terdapat keterangan jadwal penggunaan pertama kali.

Read More
Dalam Keadaan Darurat, Begini Cara Gunakan Tombol Darurat Grab dan Gojek

Selain tombol darurat, kedua platform transportasi online ini juga memiliki fitur keselamatan lain yaitu 'Bagikan Informasi Perjalanan' (Share My Ride).

Read More
honda

Terkini

Terpopuler