Jakarta, MobilKomersial.com - Dibanding dengan mobil penumpang, merawat kendaraan niaga butuh perhatian lebih. 

Bukan hanya karena mobilitasnya yang cukup tinggi lantaran dijadikan sebagai kendaraan pengangkut barang-barang. Namun perhatian ekstra juga dibutuhkan dari pengemudinya. Mengemudi yang buruk akan berimbas terhadap kendaraannya.

Lalu, bagaimana cara merawat truk yang benar? Didi Ahadi, Department Head of Technical Support Department Toyota Astra Motor (TAM) mengemukakan, kiat menjaga truk agar kondisi truk selalu 'gress' bandel. Inilah tips yang sering dilakukannya. 

1. Jaga tekanan angin ban. Bila sampai gembos, paling menderita sopir

2. Bila kempis dan dalam kondisi panas, bila dipaksakan buka baut roda, ulirnya bisa rusak. Tak cuma itu, menurut Didi bisa membaca baut roda kendur tanpa harus menggunakan kunci. Tandanya, ada kotoran dan terputus-putus.

3. Ketika mengganti ban, upayakan jangan sampai rusak (cacat). Keuntungannya, ban bekas 1 unit Rp350 ribu. Jika sudah rusak dihargai Rp10.000.

4. Bila mobil tidak lagi beroperasi langsung dicuci 

5. Periksa air, oli, kekencangan tali kipas dan baut roda. "Karena, nyawa mobil itu oli dan air. Kalau solar saja habis, hanya mogok," pesannya. 

6. Penggantian oli dilakukan setiap 10.000 km. Kalau turun mesin, paling lama 11 tahun. Untuk kendaraan ukuran lebih kecil 8 sampai 10 tahun. 

7. Perhatikan sistem air, jangan sampai masuk ke mesin.

 

Share :

Kecelakaan Mengintai, Persiapkan Hal Ini Sekarang!

Sebelum terlambat, lebih baik persiapan lebih dini

Read More
Jangan Salah Vulkanisir Ban Truk!

Ban vulkanisir hanya direkomendasikan digunakan pada sisi belakang truk. Hal ini atas pertimbangan keamanan, sebab ban pada sisi depan kendaraan pergerakannya lebih dinamis ketimbang belakang.

Read More
Sopir Harus memastikan Ini Agar Truk Bisa 'Ngerem' Dengan Baik!

Irwan Supriyono memberikan saran untuk pengemudi truk bagaimana cara pengereman terbaik

Read More

Terkini

honda

Terpopuler