Jakarta, MobilKomersial.com - PT United  Tractors Tbk, distributor bus dan truk Scania di Indonesia sepanjang semester pertama 2019 tercatat hanya mampu membukukan penjualan sebanyak 25 unit chassis bus.

Penjualan bus Scania selama Januari-Juni 2019 itu tercatat sebagai penurunan dibandingkan pada periode yang sama tahun 2018 lalu yang menjual sebanyak 41 unit (Januari-Mei 2018).

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan bus Scania sebanyak 25 unit masing-masing diperoleh oleh dua chassis andalannya. Yaitu K310IB dengan 13 unit dan K410IB dengan 12 unit.

Baca juga : Sasis Scania Gak Ada yang Murah! Ini Jenis Sasis dan Harganya...

Menanggapi hal itu, Ketua Umum Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) Kurnia Lesani Adnan mengatakan bahwa, penurunan penjualan bus Scania di semester pertama 2019 lantaran tidak tersedianya unit.

"Chassis bus Scania ada penurunan karena stok mereka kosong di awal tahun kemarin dan telat datangnya," ungkap pria yang akrab disapa Sani ini kepada MobilKomersial.com, Selasa (13/8/2019).

Meskipun demikian, Sani menambahkan, memasuki awal semester kedua, penjualan chassis bus Scania cukup menjanjikan.

"Setahu saya di semester kedua ini mereka lumayan banyak penjualan chasis busnya. Sekitar 40 unit terjual," bebernya.

Simak juga : Punya Fitur Premium, Berapa Harga Chassis Scania K410IB?

Jangan lewatkan : Bus SHD Kok Banyak Digandrungi di Indonesia?

Sebelumnya, General Manager PT United Tractors Tbk, Harijadi Mawardi, menargetkan penjualan truk dan bus Scania di tahun 2019 akan naik 25 persen dari pencapaian penjualan 800 unit di tahun 2018.

“Kita optimis tahun ini dapat mencapai target 1.000 unit. Dengan harapan 200 unit dikontrobusikan dari bus dan 800 unit diperoleh dari truk," ungkap Harijadi saat ditemui di Cakung, Jakarta Timur, Maret 2019 lalu.

Share :

Pengusaha Bus Pariwisata Minta Relaksasi Kredit Kendaraan

Pebparindo berharap adanya sinergi antara pihak pemerintah dan perbankan, non-bank, OJK, serta Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) tentang restrukturisasi tersebut segera diimplementasikan secara serentak.

Read More
Organda Sumatera Barat Setop Operasional Bus Antarprovinsi

Organisasai Angkutan Darat (Organda) Sumatera Barat menyatakan telah menghentikan semua operasional bus antarprovinsi milik 12 perusahaan.

Read More
Ini Alasan Mengapa Hino RK8 Jadi Favorit di Indonesia

Salah satu sasis yang paling laris di Indonesia adalah milik Hino, yakni Hino RK8

Read More