MobilKomersial.com – Bukan hanya Jakarta yang memiliki Transjakarta sebagai bus transportasi kota. Kota besar lainnya pun juga memiliki operator yang mengoperasikan bus untuk moda transportasi masyarakatnya.

Namun ada yang unik dikota yang satu ini, busnya berbentuk imut dan mini. Jambi menghadirkan “capsule bus” sebagai Bus Rapid Transit (BRT). Bus mungil yang didominasi warna biru dan kuning bisa menampung 14 penumpang termasuk sopir.

Menurut beberapa sumber, tiket capsule bus ini dapat dipesan melalui aplikasi. Selain itu BRT nya kota Jambi ini juga dilengkapi dengan peta yang bisa disesuaikan dengan koridor bus yang tersedia. Saat ini beberapa koridor telah disediakan oleh Pemkot Jambi.

Capsule Bus juga sudah di uji coba pada 10 Agustus oleh Pemkot Jambi di kota Jambi. Dan rencananya akan diresmikan pada bulan Oktober 2019.

Walikota Jambi Syarif Fasha mengungkapkan, “Busnya bagus dan semoga bus ini bisa menjadi maskot kota Jambi, kita doakan. Dan juga pola pikir masyarakat untuk menggunakan angkutan umum tidak lagi menggunakan mobil apalagi motor, khususnya anak-anak sekolah. Mudah-mudahan Capsul Bus ini menjadi solusi untuk masyarakat Jambi.”

Penumpang capusule bus juga akan dimanjakan dengan fasilitas yang tersedia. Seperti kamera CCTV, free wifi, port charger di setiap pilar bus, tujuan bisa disesuaikan, dan pembayaran dilakukan dengan non tunai.

Oia, bus kapsul ini menggunakan sasis Mitsubishi Fuso FE 71 garapan karoseri Delima Mandiri. Capsule Bus akan dioperasikan oleh MDT sebagai operator transportasi kota di Jambi.

Share :

Prihatin! Penumpang Bus AKAP di Terminal Kalideres Terus Menurun

Rata-rata penumpang bus luar kota yang berangkat dan tiba di Terminal Kalideres dalam sehari di bawah 700 penumpang.

Read More
Gawat! Penumpang Bus AKAP Turun Drastis Akibat Pandemik Corona

Berhentinya aktifitas masyarakat, membuat penumpang bus AKAP menurun drastis

Read More
PO Haryanto Siap Operasikan Armada Baru Bermesin Mercedes

PO Haryanto beberapa hari lalu merilis enam unit bus yang beru selesai diproduksinya.

Read More