MobilKomersial.com -- Air Conditioner (AC) bukan barang langka lagi untuk bus. Karena saat ini hampir setiap armada bus dari berbagai perusahaan otobus (PO) sudah dilengkapi dengan AC. Tuntutan kenyamanan penumpang menjadikan para PO tak sayang untuk memberikan fasilitas pendingin ini.

Fasilitas AC pada bus juga bukan hanya untuk kelas eksekutif saja. Kelas Ekonomi pun kini sudah menggunakan AC.

Sekedar informasi nih, PO pertama yang menggunakan fasilitas Air Conditioner pada armadanya adalah Safari Dharma Raya asal Temanggung.

Nah, di Indonesia sendiri, ternyata hadir beragam merek AC. Mulai dari yang sudah eksis dari dulu maupun pendatang baru.

Berikut beberapa merek AC bus di Indonesia dari dulu hingga kini.

1. Denso

Produk satu ini merupakan merek AC asal Jepang. Dan kini telah menjadi penguasa pasar di Indonesia. Denso menawarkan beberapa produk untuk bus yakni LD8-i untuk bus besar, MSD-8 untuk bus medium.

2. Thermo King

Salah satu merek AC tertua di Indonesia ini sudah hadir sejak tahun 1979. Sebelum Denso yang merajai pasar, Thermo King lebih dulu mendominasi pasar AC bus di Indonesia. Salah satu pelanggan setianya hingga saat ini adalah PO Raya. Bus lawasnya masih menggunakan AC buatan Amerika Serikat ini. Saat ini, produknya yang masih eksis adalah model X-Series.

3. Sanden

Produk AC pendatang baru di Indonesia yang namanya mulai diperhitungkan. Produk asal Jepang ini memiliki dua tipe AC yang dipasarkan di Indonesia, yakni TSD-YA65 untuk bigbus dan TSD-YC 33 untuk medium bus. Beberapa PO besar di Indonesia juga sudah menggunakan AC Sanden ini, seperti Putera Mulya dan Bima Suci.

Share :

Naik Bigbird Medan - Banda Aceh Bisa “Menang Banyak”

Big Bird juga memberikan berbagai penawaran menarik untuk pelanggannya

Read More
PO Sedya Mulya Kini Punya Pemberangkatan Pagi Hari

Perusahaan Otobus Sedya Mulya asal Wonogiri, Jawa Tengah kini memiliki jam keberangkatan pagi hari.

Read More
Pesan Tiket Bigbird ke Bandung Via Bussr Dapat Diskon 50%, Ini Syaratnya!

Lewat aplikasi Bussr, ada promo menarik jika ingin melakukan perjalanan ke Bandara Sokarno Hatta atau ke Bandung, pengguna bisa mendapatkan diskon 50%.

Read More