MobilKomersial.com – Direktur Jenderal Perhubungan Darat segera mengimplementasikan layanan buy the service untuk pelayanan transportasi umum kepada masyarakat.

Skema Buy the Service ini adalah sistem pembelian layanan oleh pemerintah kepada pihak swasta untuk mengoperasikan angkutan dan merupakan bagian dari BRT.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setyadi mengatakan skema buy the service ini merupakan bagian dari rencana pemerintah mengatasi kemacetan di kota-kota besar yang semakin padat di Indonesia. Hal ini berbeda dengan layanan bus metro sebelumnya yang dilakukan oleh Pemda karena swasta akan menjadi operator layanan tersebut.

Dikutip dari detik.com, "Operator nanti dari swasta, yang menerima manfaat adalah masyarakat di kota-kota itu. Ini sudah direncanakan sejak awal dan tinggal kita jual konsep ini ke daerah untuk bisa dapat dukungan," kata Budi dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (5/7/2019). 

Ada lima kota yang akan menjadi tahap awal penerapan layanan buy the service, yakni Medan, Palembang, Yogyakarta, Surabaya dan Denpasar. Pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 250 miliar untuk implementasi layanan buy the service bagi kelima kota tersebut.

Adapun layanan buy the service nantinya akan mirip seperti yang sudah dilakukan di Jakarta lewat TransJakarta.

"Program ini akan lebih baik dari BRT yang sebelumnya. Kita akan padukan mana yang BRT dan buy the service. Jadi dari 1 kota akan melayani beberapa kota, atau mungkin kabupaten," kata Budi.

Budi mengatakan layanan buy the service akan menyediakan harga yang terjangkau sehingga masyarakat mau beralih menggunakan transportasi umum. Selain menjual layanannya, buy the service juga akan terintegrasi dengan layanan angkutan umum lain yang telah lebih dulu eksis di kota tersebut.

Pemerintah menargetkan lelang layanan buy the service bisa dimulai pada Oktober atau November 2019 mendatang. Dengan demikian diharapkan layanan buy the service bisa dimulai pada awal 2020.

Share :

Honda ADV150 Resmi Mengaspal. Harga Rp 33,5 Juta Hingga Rp 36,5 Juta
GIIAS 2019 Resmi Dibuka Hari Ini oleh Jusuf Kalla

Mengusung tema 'Future in Motion', yang diartikan sebagai sebuah gerakan pengaruh teknologi pada kendaraan listrik, otonom, dan digital, GIIAS 2019 akan menampilkan transformasi teknologi dari industri otomotif melalui beragam program sepanjang penyelengg

Read More
Mau Tiket VIP dan Press Day GIIAS Gratis? Buruan Masuk Sini!

Hanya awak media dan tamu VIP yang diperbolehkan masuk di hari pertama GIIAS.

Read More