MobilKomersial.com – Kebiasaan orang memang berbeda-beda saat mengemudi. Terkadang ada yang nyaman mengemudi dengan alas kaki sendal jepit, high heels, dan ada pula yang “nyeker”. Tapi apakah aman?

pemilihan jenis alas kaki yang salah bisa berpotensi menyebabkan kecelakaan. Dikutip dari Gridoto.com, menurut Jusri Pulubuhu, Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), "Kalau menggunakan high heels, dikhawatirkan kontrol daripada masing-masing pedal tidak ideal sebagaimana sepatu atau alas kaki yang permukaannya datar."

Namun menurut polling yang dilakukan perusahaan asuransi Sheila's Wheels, ditemukan bahwa alas kaki yang terlalu tipis menyebabkan terjadinya rata-rata 1,4 juta potensi kecelakaan dalam setiap tahunnya.

Mereka mengatakan bahwa berkendara dengan sandal jepit bahkan lebih berbahaya daripada menggunakan sepatu high heels.

Nah, bagaimana kalau “nyeker”?

Beberapa orang beralasan, berkendara tanpa menggunakan alas kaki lebih nyaman, karena bisa langsung merasakan pedal gas, rem, dan kopling. Feeling ketika menginjak pedal-pedal tersebut juga sudah terlatih dengan baik ketika tidak menggunakan alas kaki.

Tapi masih ada potensi bahaya jika menyetir dengan kaki telanjang. Walau berada didalam mobil, ternyata menggunakan alas kaki itu sangat penting. Hal ini untuk melindungi kaki dari cedera saat terbentur dengan berbagai komponen mobil lainnya, seperti as setir atau pedal saat terjadi kecelakaan.

Apalagi jika kecelakaan yang terjadi cukup keras sehingga kaca mobil pecah dan berhamburan ke mana-mana. Kaki bisa saja terluka karena pecahan kaca tersebut. Lalu, kaki dapat tergores lebih dalam saat melakukan tindak penyelamatan karena bergesekan dengan komponen lainnya.

Demi alasan keamanan tersebut, gunakanlah alas kaki ketika berkendara untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Lebih baik lagi menggunakan sepatu, agar tetap aman dan nyaman.

Share :

Cara Mudah Agar Mobil Tetap 'Kinclong' Tanpa ke Salon Mobil

Merawat mobil tidak hanya bagian mesin, tapi juga dari luar atau bodi mobil. Bisa jadi, kondisi cat pada mobil tidak selalu bagus, semakin lama usia mobil, maka cat mobil pun akan semakin memudar.

Read More
Bahan Bakar Boros? Bisa Jadi Ini Biang Keladinya

Filter udara pada mobil maupun motor memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menyaring kotoran atau debu dari udara luar yang akan masuk ke ruang pembakaran pada kendaraan.

Read More
Awas, Hal Sepele ini Bisa Bikin Mesin Kendaraan Overheat

Pada kendaraan, suhu temperatur pada mesin tinggi bisa menyebabkan beberapa masalah serius. Satu di antaranya dikenal dengan istilah engine overheat.

Read More