MobilKomersial.com – Sering naik bus? Atau masih bingung mau naik bus dengan kelas apa? Bagi yang sering menggunakan bus sebagai alat transportasi mungkin sudah “khatam” dengan kelas yang ada pada bus. Tapi bagi yang masih awam pasti agak  bingung.

Layanan kelas pada bus secara garis besar terbagi dalam lima kelas. Ada Ekonomi, Bisnis (Patas), VIP, Executive dan Super Executive. Lantas apa bedanya?

Berikut penjelasan yang dirangkum mobilkomersial dari berbagai sumber.

1. Kelas Ekonomi

Kelas ini terkenal dengan bus yang sumpek, karena penumpangnya yang berdesak-desakan. Tapi kalau masalah harga, ini kelas yang paling murah.

Kelas Ekonomi memiliki kursi dengan formasi 2-3 dan dapat menampung 50 hingga 60 penumpang. Tapi, yang naik bisa lebih dari itu. Karena masih ada penumpang yang berdiri. Kelas ini ada yang AC dan Non-AC.

Oia, jangan heran, jika naik bus kelas Ekonomi, penumpang akan menemui pengamen dan pedagang asongan di dalam bus.

2. Kelas Bisnis (PATAS)

Diatas kelas Ekonomi ada bus kelas bisnis / Patas yang sering diartikan sebagai bus Cepat Terbatas. Bus ini beroperasi antar terminal kota AKDP dan AKAP. Untuk tarif sendiri lumayan mahal, untuk jarak dekat / jauh tergantung tarif.

Namun, untuk fasilitas dilengkapi televisi, MP4 Video, kursi seat 2-2, AC, serta pelayanan yang nyaman. Kelas bisnis ini kapasitasnya sekitar 42 hingga 48 seat pada umumnya. Dan tidak ada penumpang berdiri.

Keadaan didalam bus patas sangat berbeda dari kelas ekonomi, jikalau di dalam bus ekonomi kita dapat menemui pengamen dan pedagang asongan di dalam bus, lain halnya di dalam bus patas yang sama sekali tidak ada pengamen maupun pedagang asongan.

 

Share :

Keren! Bus SHD Karoseri Laksana Ini Didesain Buat 'Nyenyak Tidur', Kaya Apa Sih?

Di dalam kabin, bus yang diketahui punya PO Sinar Jaya ini punya desain sleeper dengan kursi yang bisa buat 'selonjoran'.

Read More
Volvo Kebanjiran Orderan Bus di Abu Dhabi

Departemen Transportasi Abu Dhabi kini telah memesan 168 coach Volvo antarkota premium.

Read More
Ini Nama Perusahaan Otobus Pertama yang Menggunakan Sasis Scania di Indonesia

Scania bersaing dengan Mercedes-Benz, Volvo dan juga Hino.

Read More