Mobilkomersial.com - Beberapa hari yang lalu, tepatnya Sabtu (6/7), pelayanan bus Damri dari beberapa titik di Jabodetabek ke Bandara Soekarno-Hatta sempat tak beroperasi karena aksi mogok sopir. 

Namun, aksi mogok tersebut hanya berlangsung dari pagi hari hingga siang hari.

Usut punya usut, penyebab mogok massal tersebut karena Damri akan menerapkan sistem e-ticketing yang meniadakan kondektur di dalam bus.

Waduh, berarti profesi kondektur terancam dong?

Dikutip dari detik.com, menjelaskan bahwa, dengan system e-ticket, layanan helper (kondektur) di dalam bus (on board) sudah tidak diperlukan. Namun perlu digarisbawahi bahwa layanan helper tidak pernah dihilangkan. Layanan helper dipindahkan dari dalam bus ke luar bus (off board).

Selain itu, para pengemudi juga menuntut kondektur yang sudah tak bekerja di Damri untuk direkrut kembali. Setia mengatakan, kondektur-kondektur sudah tak bekerja karena tak lulus dalam tes yang disesuaikan dengan aturan pemerintah. Pasalnya, selama ini kondektur-kondektur tersebut hanya direkrut oleh pengemudi dan tak memiliki status ikatan kerja sebagai pegawai.

"Di lain pihak, Damri melakukan pembenahan status helper dari kondisi tanpa ikatan kerja menjadi pegawai dengan status sesuai aturan pemerintah, karena selama ini mereka direkrut oleh pengemudi. Setelah dilakukan tes terhadap sekitar 300 orang helper, hanya 90 orang yang lulus," terang Setia.

Share :

Wuling Almaz Dinobatkan Mobil Terbaik Pilihan Forum Wartawan Otomotif

Sport Utility Vehicle (SUV) andalan Wuling Motors menjadi FORWOT Car of the Year (FCY) ini sukses mengalahkan 4 finalis lainnya yaitu DFSK Glory 560, Honda Brio, Mazda3, dan Suzuki Jimny.

Read More
KTB Fuso Beri Pelatihan Otomotif Bersertifikat Untuk 28 Guru SMK

KTB memberikan pelatihan kepada 28 orang guru dari 14 SMK di Indonesia, pada 30 September – 11 Oktober 2019 di Krama Yudha Tiga Berlian Motors Regional Training Center (KRTC) Bandung, Jawa Barat dan KRTC Mojokerto, Jawa Timur.

Read More
Festival Avanza-Veloz Singgah di Kota Manado

Festival ini terus melanjutkan misinya untuk memberikan apresiasi terbaik kepada masyarakat luas, khususnya kepada pelanggan Toyota Avanza dan Veloz.

Read More