Jakarta, MobilKomersial.com - Belum tersedianya terminal, bus Trans Jawa memanfaatkan rest area atau tempat peristirahatan untuk menurunkan penumpang.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono menuturkan, bus Trans Jawa sudah beroperasi bulan Mei lalu, namun lahan untuk pembangunan terminal bus Trans Jawa belum ada.

"Saat ini trayek bus Trans Jawa masih memanfaatkan rest area atau tempat peristirahatan untuk menurunkan penumpang. Lahannya belum disiapkan karena itu kan busnya belum kontinyu," ujar Basuki dikutip Tempo, Rabu (12/6/2019).

Sebelumnya, Terminal bus Trans Jawa rencananya akan dibangun di dekat area jalan keluar (exit tol). Kementerian Perhubungan membidik tiga titik pembangunan terminal, di antaranya di exit tol arah Semarang dan Solo.

Namun, Basuki tidak menyetujui jika terminal bus bebas hambatan itu dibangun dekat pintu keluar tol. Sebab, menurut dia, exit-exit tol umumnya memiliki lahan yang sempit dan memang tidak didesain untuk menurunkan penumpang.

Sebagai solusi, ia menawarkan kawasan rest-rest area untuk menjadi lokasi penurunan penumpang alias terminal bus.

Share :

Dua Unit Scania K410IB Opticruise Perkuat Armada PO Kurnia di Jalur Sumatra

Kedua bus Scania K410IB Opticruise ini sudah selesai dari proses pembuatan bodi kabin busnya di Karoseri Adi Putro, Malang, dengan model Jetbus 3+ Ultra High Deck (UHD).

Read More
Hadir di GIIAS 2019, Jetbus 3 VHD Adi Putro Bagasinya Bisa Bawa Mobil

GIIAS 2019 akan diikuti oleh tiga nama Karoseri Besar di Indonesia, yakni Adi Putro, Laksana dan Tentrem.

Read More
Mulai Bulan Depan, Transjakarta Akan Beroperasi di Kampus UI

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) melakukan penandatanganan nota kesepahaman.

Read More