Jakarta, MobilKomersial.com - Sejak Agustus 2018, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah melakukan tindakan tegas terhadap truk overload. Truk overload tidak hanya menyebabkan jalanan rusak, akan tetapi juga dapat menyebabkan kemacetan dikarenakan truk berjalan lebih lambat.

Berdasarkan data yang diperoleh Dirjen Perhubungan Darat, perbaikan jalan di Indonesia akbiat truk overload bisa mencapai Rp 43 triliun pada 2017 lalu. Bahkan Presiden Joko Widodo lewat sosial media Instagram pribadinya menyebut, kerugian ekonomi akibat kemacetan di Jabodetabek mencapai Rp 65 triliun.

Sementara itu, menurut Presiden Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia Ernando Demily saat ditemui dalam acara peluncuran New Isuzu GIGA Tractor Head pada hari Kamis (24/1) di Jakarta, sebanyak 53 persen pengeluaran terbesar untuk operasional kendaraan adalah bahan bakar.

Menurutnya, New Isuzu Giga Tractor Head disediakan untuk solusi bagi pebisnis transportasi di Indonesia. Pasalnya, kata dia, menurut aturan pemerintah, sebuah kendaraan medium truck 2 axle memiliki maksimal GVW seberat 16 ton dan medium truck 3 axle maksimal GVW 26 ton. 

"Bayangkan apabila awalnya sebuah truk dapat membawa 46 ton sekali angkut, maka dengan pembatasan tersebut truk itu harus melakukan 2 rid, ujungnya biaya operasionalnya akan menjadi dua kali lipat," ujarnya.

 

Baca juga : New Isuzu GIGA Tractor Head Kini dengan Fitur ABS

 

Dengan begitu, tambah Ernando, pihaknya terus mengembangkan produk yang fit dengan konsumen dan juga fit dengan peraturan Pemerintah. Berdasarkan peraturan titik sumbu beban yang diperbolehkan, makas ebuah tractor head dapat menanggung beban 32,7 - 46,1 ton.

"Untuk itu kami perkenalkan New Isuzu Giga Tractor Head sebagai jawaban bagi para pebisnis yang ingin membuat operation cost dan konsumsi bahan bakar lebih hemat," tukasnya.

Sebagai informasi, PT IAMI resmi meluncurkan New Isuzu Giga Tractor Head dengan 4 varian yaitu GXZ 60 K ABS (N),  GVZ 34 K HP ABS (N), GVR 34 J HP ABS (N)  dan FVR 34 P TH (N). 

Pada generasi terbarunya, New Isuzu Giga mengalami pembaruan seperti Full Air Brake, Anti-Lock Brake System (ABS) dan Seat Supension. Mesinnya juga telah menggunakan yang baru yaitu 6NX1-TCS dengan tenaga 345 PS dan torsi maksimum 135Kgm.

Share :

National Hino Dutro Safety Driving Competition, Ajang Uji Kelaikan Para Pengemudi Truk

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) kembali menggelar Hino Safety Driving Competition.

Read More
Truk-truk Volvo Bisa Irit BBM, Ini Alasannya

Volvo Trucks mempunyai teknologi khusus yang membuat truk-truknya irit bahan bakar minyak (BBM dan bersih. Mereka memangkas konsumsi bahan bakar dengan software baru dan mesin yang ditingkatkan.

Read More
Inilah Negara Penyelenggara Pameran Truk Klasik Terbesar

Pameran truk antik juga ada di luar negeri, salah satunya pagelaran truk klasik dan antik yang digelar di Clifford, Ontario.

Read More