Jakarta, MobilKomersial.com - Pabrikan kendaraan asal Jepang, Hino Motors memperluas jajaran kendaraannya ke model hybrid sebelum melompat ke elektrifikasi penuh. Hal itu ditandai dengan akan diluncurkannya Hino Profia, truk heavy duty hybrid. 

Mereka berencana akan meluncurkan di Jepang pada pertengahan 2019. Hino Profia nantinya akan ditawarkan dengan harga 22.750.200 yen atau setara Rp 2,999 miliar. 

Truk hybrid ini juga menjadi truk pertama yang dilengkapi dengan AI (Artificial Intelligence), sehingga sistem teknologi cruise-control otomatis yang ada ini dapat mengurangi jarak tempuh. 

Selain itu juga meningkatkan penghematan konsumsi bahan bakar hingga 15% dibandingkan truk heavy duty diesel yang biasa digunakan di jalan.

Baca juga : Fasilitas Total Support Hino Pertama di Luar Jepang Ada di Malaysia

Dengan AI, truk bisa memilih jalur terbaik jalan akan dilalui. Caranya dengan menggunakan navigasi untuk mengumpulkan informasi terkait kondisi jalan hingga 100 km ke depan. Selain itu, data akan terus diupdate setiap 10 km untuk mendapatkan hasil konsumsi bahan bakar terbaik.

"Efisiensi bahan bakar di truk komersial besar bervariasi karena kebiasaan mengemudi. Dengan sistem ini, kendaraan dapat mencapai jarak tempuh yang lebih baik terlepas dari keterampilan pengemudi," kata Wakil Presiden Eksekutif Shin Endo dikutip indiatimes.com.

Share :

20 Peserta Hino Safety Driving Competition Berebut Hadiah Puluhan Juta Rupiah

Dalam rangka memperbaiki sikap berkendara para pengemudi truk, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) kembali menggelar Hino Safety Driving Competition

Read More
National Hino Dutro Safety Driving Competition, Ajang Uji Kelaikan Para Pengemudi Truk

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) kembali menggelar Hino Safety Driving Competition.

Read More
Truk-truk Volvo Bisa Irit BBM, Ini Alasannya

Volvo Trucks mempunyai teknologi khusus yang membuat truk-truknya irit bahan bakar minyak (BBM dan bersih. Mereka memangkas konsumsi bahan bakar dengan software baru dan mesin yang ditingkatkan.

Read More