MobilKomersial.com – Setelah melakukan mudik jangan lupa lakukan perawatan pada mobil Anda. Cek beberapa komponen. Dari mulai mesin hingga kaki-kaki. Untuk bagian mesin lebih baik dilakukan perawatan di bengkel, sekalian servis rutin. Nah untuk kaki-kaki bisa coba cek sendiri. Lakukan beberapa hal untuk mengetahui apakah shockbreaker masih berfungsi dengan baik.

Fungsi dari shock breaker ini sebagai peredam terhadap goncangan dan sebagai penstabil getaran ban sehingga bodi tidak bergoyang berlebihan akibat jalan bergelombang dan berlubang. Perangkat ini bekerja dengan meredam gerakan saat per bergerak naik turun.

Nah, apasih tandanya shockbreaker sudah tidak berfungsi dengan baik? Berikut beberapa gejala atau kondisi untuk memeriksa dan mengganti shockbreaker :

Suara berisik – Adanya suara berisik dari suspensi belakang juga bisa menjadi tanda shock breaker sudah tidak berfungsi baik lagi.

Oli shock breaker rembes – Pada shock breaker dengan fluida cair, lebih mudah dikenali kondisi kerusakan dengan adanya rembesan oli yang keluar, yang artinya sudah ada kebocoran.

Memantul saat di tekanSalah satu ciri yang paling mudah untuk tahu shock absorber sudah rusak adalah dengan menekan satu sisi bagian mobil Anda, misalnya bagasi lalu lepaskan kembali dengan cepat. Bila ada gerakan memantul yang lebih dari sekali, patut dicurigai shock breaker itu sudah lemah.

Saat sudah merasakan gejala tersebut lebih baik langsung dibawa ke bengkel agar ditangani oleh teknisi ahli.

Untuk menjaga shock breaker tetap sehat, sebaiknya hindari jalan berlubang sebisa mungkin, dan lakukan pengecekan kondisi kaki-kaki mobil saat melakukan servis rutin.

Share :

Cara Mudah Agar Mobil Tetap 'Kinclong' Tanpa ke Salon Mobil

Merawat mobil tidak hanya bagian mesin, tapi juga dari luar atau bodi mobil. Bisa jadi, kondisi cat pada mobil tidak selalu bagus, semakin lama usia mobil, maka cat mobil pun akan semakin memudar.

Read More
Bahan Bakar Boros? Bisa Jadi Ini Biang Keladinya

Filter udara pada mobil maupun motor memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menyaring kotoran atau debu dari udara luar yang akan masuk ke ruang pembakaran pada kendaraan.

Read More
Awas, Hal Sepele ini Bisa Bikin Mesin Kendaraan Overheat

Pada kendaraan, suhu temperatur pada mesin tinggi bisa menyebabkan beberapa masalah serius. Satu di antaranya dikenal dengan istilah engine overheat.

Read More