MobilKomersial.com – Mobil menjadi salah satu pilihan masyarakat Indonesia untuk melakukan mudik. Jarak yang ditempuh bisa sangat jauh, misal mudik dari Jakarta menuju Surabaya. Bisa mencapai sekitar 730 Km. Kalau ditambah arah balik bisa mencapai 1.460 Km. Belum lagi penggunaan di kampung halaman seperti menuju tempat wisata.

Nah, mobil yang telah dipakai mudik ini seharusnya melakukan perawatan atau pengecekan. Agar nyaman saat digunakan untuk beraktivitas sehari-hari.

Berikut apa saja yang harus dilakukan pada mobil pasca mudik :

1. Ganti Oli

Jarak tempuh yang jauh dan juga kondisi jalan yang macet mengharuskan mobil mengganti oli setelah digunakan mudik. Hal ini tentunya untuk menjaga performa mesin. Sebaiknya, ketika melakukan ganti oli, pastikan Anda mengubah filter oli juga. Ini akan tidak ada gunanya jika Anda menjalankan minyak bersih melalui filter oli kotor apa lagi setelah anda melakukan perjalanan jauh seperti mudik kemarin.

2. Ketebalan Rem

Perjalana mudik yang macet bisa menjadi penggunaan rem lebih intens. Jadi setelah mudik periksa keadaan kampas rem. Sebaiknya lakukan pergantian jika ingin digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Share :

Cara Mudah Agar Mobil Tetap 'Kinclong' Tanpa ke Salon Mobil

Merawat mobil tidak hanya bagian mesin, tapi juga dari luar atau bodi mobil. Bisa jadi, kondisi cat pada mobil tidak selalu bagus, semakin lama usia mobil, maka cat mobil pun akan semakin memudar.

Read More
Bahan Bakar Boros? Bisa Jadi Ini Biang Keladinya

Filter udara pada mobil maupun motor memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menyaring kotoran atau debu dari udara luar yang akan masuk ke ruang pembakaran pada kendaraan.

Read More
Awas, Hal Sepele ini Bisa Bikin Mesin Kendaraan Overheat

Pada kendaraan, suhu temperatur pada mesin tinggi bisa menyebabkan beberapa masalah serius. Satu di antaranya dikenal dengan istilah engine overheat.

Read More