Volvo Panen Pesanan Bus Listrik dari Belanda

Berita Terkini Bus Bus & Truk Mancanegara

Leiden, MobilKomersial.com – Produsen kendaraan niaga ternama asal Swedia, Volvo, panen pesanan bus listrik Volvo 7900 Electric dari Belanda. Sebanyak 23 unit bus listrik dipesan oleh perusahaan transportasi Arriva di Belanda dari Volvo yang selanjutnya akan dioperasikan di Kota Leiden, di bagian selatan Belanda.

Bus listrik ini dirancang andal karena menggunakan baterai lithium ion berkapasitas 200 kWh. Proses pengiriman seluruh unit bus Volvo 7900 Electric akan dilakukan di kuartal I dan kuartal III tahun depan (2019).

 

Arriva dikenal sebagai perusahaan transportasi publik multinasional yang beroperasi di 14 negara Eropa dan dikenal sebagai perusahaan transportasi terdepan dalam pengenalan teknologi alternatif.

 

Di tahun 2011 Arriva menjadi salah satu operator bus pertama di Eropa yang memesan bus bertenaga hybrid dari Volvo yang dioperasikan untuk armada bus kota di Dordrecht, Belanda.

Pesanan terbaru 23 unit bus listrik dari Volvo ini dokumen perjanjian jual-belinya ditandatangani pada 28 Juni 2018 kemarin di sela event Volvo Ocean Race yang finish-nya digelar di Kota Hague, Belanda, pekan ini.

Mengiringi paket pembelian bus listrik ini, Volvo juga menyediakan layanan after sales termasuk perawatan berkala seluruh unit bus listrik yang dibeli Arriva dengan biaya tetap.

Pengisian daya untuk baterai bus ini menggunakan teknologi pengisian cepat (fast charging) menggunakan peranti open interface OppCharge, yang juga bisa dimanfaatkan oleh bus listrik lainnya dan akan dipasok oleh perusahaan teknologi, ABB.

Bus listrik buatan Volvo ini diklaim irit energi karena konsumsi tenaganya 80 persen lebih rendah jika dibandingkan bus bermesin diesel.

Volvo sebelumnya juga telah memasok bus listrik untuk sejumlah kota di Eropa seperti di Sweden, Inggris, Luxemburg dan Polandia. Total Volvo sudah menjual lebih dari 4.000 unit bus listrik ke seluruh dunia.

Penulis: Arieffandi

Hits: 221

Tinggalkan Balasan