P460-B4x4

Scania Tawarkan Seri P460-B4x4 untuk Armada Pemadam Kebakaran

Berita Terkini Bus & Truk Truk

Jakarta, MobilKomersial.com – Produsen truk Scania menawarkan satu seri truk Scania New Truck Generation (NTG) untuk kebutuhan penyediaan armada pemadam kebakaran untuk pengusaha dan instansi di Indonesia.

Seri truk tersebut adalah Scania P460-B4x4 Fire Truck.

Truk ini dirancang khusus untuk armada pemadam kebakaran. Dibekali dengan mesin diesel berkapasitas 13 liter enam silinder dipadukan dengan transmisi 12+2 percepatan dengan splitter overide gearbox dan Opticruise dengan kopling otomatis.

Truk ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 460 horse power pada putaran rpm rendah, yakni 1900 rpm. Sementara, torsi tertinggi sebesar 2.250 Nm bisa didapatkan juga di range rpm rendah di rentang 1.000 sampai 1350 rpm. Torsi puncak pada rpm rendah ini membuatĀ  Scania P460-B4x4 Fire Truck lebih irit dalam konsumsi bahan bakar.

Scania P460-B4x4 Fire Truck sudah dilengkapi dengan Scania PDE injection system untuk memastikan bahan bakar yang masuk tersaring baik untuk kinerjanya yang optimal.

Kabin truk ini menggunakan kabin dari seri Scania P-series tipe daycab (tanpa sleeper) dengan ketinggian atap standar dilengkapi dengan suspensi mekanikal empat titik yang membuat pengemudi tidak cepat lelah.

Untuk memompa air yang disemprotkan saat aksi pemadaman api, Scania P460-B4x4 Fire Truck juga dilengkapi dengan mesin PTO dan PTO Gearbox.

Untuk menopang beban berat, Scania P460-B4x4 Fire Truck, di bagian suspensi depan menggunakan suspensi tipe heavy duty parabolic spring 4×28 dengan peredam kejut. Sementara, untuk suspensi belakang dipasang suspensi per daun heavy duty tipe trapezoid 6×15+5×22. Struktur bodi truk menggunakan material baja tahan karat. Sementara untuk akses naik awak truk dilengkapi dengan pijakan kaki anti selip.

Axle depan truk ini mampu menahan beban hingga 9 ton dan 15 ton di axle belakang dengan total gross vehicle weight 24 ton.

Menurut Alexander Vlaskamp, Senior Vice President Trucks Sales and Marketing Scania di acara peluncuran 5 truk Scania NTG di Kemayoran, Kamis, 26 Juli 2018 lalu, konsumsi bahan bakar Scania P460-B4x4 Fire Truck 5 persen lebih irit. Begitu juga pemakaian suku cadangnya yang 20 persen lebih awet. Truk ini juga dilengkapi dengan fleet management system untuk memonitor kondisi kendaraan dan mengetahui kapan perlu dilakukan perbaikan berkala termasuk penggantian spare parts yang aus.

Penulis: Arieffandi

Hits: 218

Tinggalkan Balasan