Bus Yang Akan Di Ekspor Ke Bangladesh membutuhkan Waktu Lebih Lama Dalam Pembuatannya Beberapa Mesin Canggih Lengkapi Karoseri Laksana Dalam Pengerjaannya

Lebih Dekat dengan Karoseri Laksana, Pengekspor Ribuan Bus ke Bangladesh

Berita Terkini Karoseri

Jakarta, MobilKomersial.com – Pesatnya pertumbuhan industri karoseri di Indonesia didasari dengan perkembangan infrastruktur transportasi Indonesia. Hal itu terlihat dari meningkatnya kebutuhan kendaraan komersial, salah satunya ekspor.

Baru-baru ini, salah satu karoseri asal Indonesia, Laksana akan melakukan ekspor sebanyak 1.034 unit bus ke Bangladesh dengan nilai Rp 1,9 miliar/unit. Bus yang dibuat oleh perusahaan karoseri yang sudah berumur sekitar 40 tahun ini, kebanyakan jenis bus turis.

Kesuksesan Karoseri Laksana mengekspor ribuan bus terbilang membanggakan. Lantas siapa itu Karoseri Laksana?.

Bagi yang belum kenal dengan Karoseri Laksana. redaksi Mobilkomersial akan merangkum biodata karoseri yang bermarkas di Jalan Raya Ungaran Km 24,9 Ungaran, Semarang, Jawa Tengah.

Kesuksesannya saat ini, tak lepas dari sejarah yang panjang. Didirikan pada tahun 1967 oleh Yusuf Arman, Laksana memulai perjalanan pertama sebagai toko mesin di Semarang. Toko tersebut awalnya difokuskan pada mesin otomotif. Dalam tiga tahun pertama, toko tumbuh dengan pesat.

Pada tahun 1970, toko itu harus pindah ke lokasi baru yang diperluas. Seiring waktu, beberapa divisi baru didirikan. Akhirnya pada 1977 Laksana merilis produk karoseri pertama mereka, Mitsubishi T-120 minivan.

Pesatnya pertumbuhan divisi auto-manufaktur membutuhkan lokasi yang lebih jauh lebih besar. Pada tahun 1978, divisi ini dipindahkan ke Ungaran. Dalam lahan seluas 5.000m2, bus serta kendaraan komersial lainnya berkumpul. Lokasi tersebut kian berkembang di kemudian hari. Tak terasa, luasnya mencapai 70.000m2, dan akan terus bertambah luas.

Berbagai inovasi yang ditelurkan, mengukuhkan Laksana sebagai pembangun bus terbesar di Indonesia hingga saat ini. Kapasitas produksinya mencapai 1.000 bus per-tahun. Kebutuhan pelanggan menjadi hal utama dalam pelayanan Laksana. Mereka bekerja sangat keras memperhatikan detail sekecil apapun dalam rangka membantu meningkatkan keselamatan dan kepuasan pelanggan juga penumpang.

Laksana menempatkan penekanan yang sangat besar pada penyediaan produk berkualitas tertinggi terhadap pelanggan, yang saat ini berkisar dari operator lokal bus kota, operator bus antarkota lokal, operator bus wisatawan lokal, dan badan-badan pemerintah untuk International Corporate. Laksana juga sudah mulai mengekspor bus ke wilayah Asia Pasifik sejak 2009.

Saat ini, kompetensi inti Laksana adalah bus menengah dan besar. Laksana memiliki jangkauan terbesar dari produk yang meliputi bus touring, bus antarkota, bus kota, dan bus tujuan khusus. Di dalam negeri sendiri, bus buatan pabrik karoseri Laksana telah digunakan untuk armada TransJakarta.

Sejak tahun 2006, pabrik karoseri yang telah dijalankan oleh generasi ketiga Yusuf Arman ini terlibat dalam pembuatan bus TransJakarta, dan pada 2010 mulai memproduksi bus gandeng (articulated bus) untuk TransJakarta.

Pada 2017, CV Laksana telah memiliki kapasitas produksi 1.200 bis per tahun untuk memenuhi kebutuhan pasar di dalam dan luar negeri. Dari sisi hasil produk yang dihasilkan, perusahaan ini dianggap bisa bersaing dengan perusahaan sejenis dari di negara lain. Terbukti Pada tahun 2008, CV Laksana berhasil meraih sertifikasi ISO-9001.

Hits: 340

1 thought on “Lebih Dekat dengan Karoseri Laksana, Pengekspor Ribuan Bus ke Bangladesh

  1. mantaap … saya siap gabung, saya bisa produksi kaca utk mobil bus dan bisa membuat mesinnya dari A to Z , jadi karoseri tsb bisa bebas merancang model yg lebih baik lagi

Tinggalkan Balasan