Bersihkan Karburator Agar Kendaraan Tetap Maksimal

Bersihkan Karburator Agar Kendaraan Tetap Maksimal

Berita Terkini Tips

Bersihkan Karburator Agar Kendaraan Tetap Maksimal

 

MobilKomersial.com Karburator sangat penting pada roda dua, sebagai alat untuk mencampur bahan bakar dengan udara, sesuai takaran yang kemudian disalurkan ke dalam ruang pembakaran.

 

Jika karburator tidak bekerja optimal, akan berpengaruh pada kinerja mesin yang menyebabkan motor terkesan berat dan bahkan bisa mogok karena aliran bahan bakar berupa gas yang disuplai ke ruang bakar mesin lamban atau tersendat.

 

Untuk itu perawatan pada karburator secara berkala perlu dilakukan untuk memastikan komponen penting ini bekerja maksimal saat roda dua dipacu, terlebih saat premotor ingin bepergian jauh.

 

Berikut langkah perawatan karburator sepeda motor yang dihimpun MobilKomersial.com

  • Tutup kran besin dari tangki, kemudian lepas semua selang dari karburator. Setelah itu buka semua mur pengait pada dudukan karburator agar mudah dibersihkannya.
  • Buka saluran pembuangan bensin pada karburator, dan keluarkan bensin dari ruang pelampung. Tampunglah bensin tersebut pada tempat yang tersedia. Hindari semua aktifitas yang memicu api.

  • Buka penampung bensin (ruang pelampung) dengan posisi karburator terbalik. Ambil jarum pelampung dengan hati-hati, kemudian periksa apakah aus atau tidak. Bila aus atau tergores sebaiknya diganti.diagram-fungsi-karburator

 

  • Lepaskan main jet, air screw, dan yang lainnya dengan hati-hati. Bersihkan ruang karburator dengan udara bertekanan atau tiup kuat-kuat agar kotoran dalam karburator dari bensin terangkat. Lalu cucilah komponen- komponen karburator dengan bensin yang bersih.

  • Bila semua komponen sudah dibersihkan dan diperiksa, maka semua komponen tersebut siap dipasang kembali dengan urutan langkah kebalikannya dari pembongkaran.

  • Setelah terpasang, lakukan penyetelan karburator dengan memutar sekrup penahan skep sehingga putaran mesin meninggi. Lakukan putaran sekrup skep ke kiri dan kanan untuk memastikan putaran mesin ideal untuk daya pacu dan efisien untuk pembakaran sesuai dengan speifikasi.

Hits: 213

Tinggalkan Balasan