Alasan Mematikan Mesin Kendaraan Saat Mengisi BBM

Alasan Mematikan Mesin Kendaraan Saat Mengisi BBM

Berita Terkini Tips

Alasan Mematikan Mesin Kendaraan Saat Mengisi BBM

 

MobilKomersial.com- Saat anda akan mengisi bahan bakar di SPBU apabila diperhatikan pasti ada himbauan agar mematikan kendaraan saat mengisi BBM. Walaupun sudah diberi peringatan, tetap saja ada beberapa pengendara yang masih bandel tidak ingin mematikan mesin kendaraannya.

 

“Biar keliatan jarum bensinnya naik apa tidak di odometer mas,” ujar salah satu pelanggan saat mengisi mobilnya di salah satu SPBU Daan Mogot, Jakarta Barat.

 

Menyalakan mesin saat sedang mengisi bbm sangat berbahaya, karena dapat menimbulkan kebakaran. lantas, apa yang bisa memicu kebakaran tersebut?

 

Salah satu alasan mengapa mesin harus dimatikan saat mengisi bensin adalah adanya aliran listrik statis. Aliran listrik statis itu bisa membuat muatan listrik tidak seimbang baik di dalam maupun di permukaan dekat selang bensin. Ini bisa menyebabkan munculnya percikan api karena uap bahan bakar di sekitar selang bahkan paling parah bisa terbakar.

 

Hal itu juga menjadi alasan pelarangan penggunaan ponsel di saat sedang mengisi bbm. Kejadian serupa dapat saja terjadi. Aliran listrik statis bisa timbul saat ponsel digunakan terlebih saat menelepon.

Hits: 266

Tinggalkan Balasan