Bus Wisata Yang Gratis Saat Asian Games

Ada Ganjil Genap, BPTJ Sediakan Aplikasi untuk Booking Kursi Bus

Berita Terkini Bus Bus & Truk Transportasi

Ada Ganjil Genap, BPTJ Sediakan Aplikasi untuk Booking Kursi Bus

Jakarta, MobilKomersial.com – Penerapan kebijakan ganjil-genap menjelang Asian Games 2018 mulai diuji coba Senin (2/7) hari ini. Penerapan tersebut turut berdampak bagi masyarakat yang biasa beraktivitas di ruas-ruas jalanan Ibukota.

Untuk menanggulangi masalah itu, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan menyiapkan aplikasi pemesanan bangku bus untuk warga yang terdampak kebijakan ganjil-genap menjelang Asian Games 2018. Aplikasi tersebut dibuat agar masyarakat terbiasa dengan manajemen lalu lintas yang diberlakukan.

“Misalnya penumpang tahu dia jam berapa bisa dapat seat. Kemudian sopir bus juga tahu, busnya dia sudah penuh di-book atau belum, sehingga semua terinformasi dengan baik antara pengguna bus maupun driver,” kata Kepala BPTJ Bambang Prihartono di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (28/6).

Menurut Bambang, masyarakat yang menggunakan fasilitas bus tersebut tidak dibebani biaya alias gratis. “Pemerintah akan menyediakan bus gratis selama Asian Games. Sehingga masyarakat selama Asian Games bisa bepergian dengan angkutan umum,” terangnya.

Kebijakan ganjil-genap tak hanya berdampak positif untuk menurunkan volume kendaraan di Jakarta. Menurut kajian BPTJ, kebijakan tersebut berdampak juga terhadap kualitas udara di Ibu Kota.

“Pengalaman kami, ganjil-genap mengurangi 20 persen volume kendaraan. Tapi kecepatan kendaraan naik signifikan. Tadi hasil evaluasi kami (kecepatan kendaraan naik) sampai 60 persen. Tapi yang paling penting adalah CO2. Kita sekarang mulai bicara lingkungan. CO2 kita tekan, CO2 bisa sampai penurunan sekitar 26,6 persen,” terang Bambang.

Seperti diketahui bersama, kebijakan ganjil-genap menjelang Asian Games ini mulai diuji coba pada 2 Juli sampai 31 Juli 2018. Selain ganjil-genap, kebijakan yang akan diuji coba juga adalah penutupan sejumlah pintu tol dan lajur khusus atlet di tol.

Hits: 296

Tinggalkan Balasan