Bus yang Tidak Lolos Uji Kelaikan Dilarang Angkut Pemudik Uji Kelaikan oleh Menhub Budi Karya (foto Tempo)

Menhub Targetkan 3 Bulan Lagi Pemesan Tiket Bus Bisa Online

Berita Terkini Bisnis Bus & Truk Bus Bus & Truk

Jakarta, MobilKomersial.com – Untuk menghindari praktik percaloan dalam penjualan tiket, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan tiket bus bisa dipesan secara online. Upaya ini akan dilakukan dalam 3 bulan ke depan.

“Saat ini, kami sedang cari satu mitra yang memang mampu dan kami akan berikan kepada mereka,” kata Budi usai meninjau kondisi arus balik Idul Fitri 1439 H di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta pada Selasa (19/6/2018).

Budi menyebut, bahwa Perusahaan Otobus (PO) selaku operator bus harus menyadari bahwa praktik yang dilakukan oleh calo ini tidak mendidik. Praktik percaloan tidak akan bisa memberikan kepastian dan kenyaman bagi para penumpang.

Menurutnya, sistem penjualan tiket secara online ini bisa menghilangkan keraguan masyarakat mengenai angkutan bus ini. Selain itu, bisa memudahkan masyarakat mengetahui soal rute bus sejak dari rumah. “Mereka juga merasa aman, karena dia tahu, dia berhubungan dengan korporasi,” tambah Budi.

Budi menilai moda transportasi bus merupakan angkutan yang sangat menarik, karena sudah menjadi kebiasaan dari masyarakat Indonesia. Angkutan ini dapat mengakses satu titik ke titik lain dengan lebih mudah.

Kementerian Perhubungan mencatat pada musim mudik Idul Fitri 1439 H ini terdapat kenaikan jumlah pemudik yang menggunakan transportasi umum, khususnya bus. Kenaikan pemudik menggunakan bus mencapai 15 persen dibandingkan tahun lalu.

Hits: 276

Tinggalkan Balasan