Bus Domapan (foto istimewa)

Libur Lebaran, Bus Tingkat Atap Terbuka ‘Domapan’ Keliling Kawasan Malioboro

Yogyakarta, MobilKomersial.com – Sambut libur Lebaran Idul Fitri 1439 H, Pemerintah Kota Yogyakarta akan mengoperasikan bus pariwisata yang dimiliki, yaitu Domapan. Domapan akan dimaksimalkan fungsinya untuk menambah daya tarik wisata di Malioboro.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono mengatakan bus tingkat dengan atap terbuka tersebut dapat digunakan secara gratis oleh wisatawan sejak Sabtu (9/6) hingga 2 minggu ke depan.

“Angkutan wisata ini dioperasionalkan dari Taman Pintar dengan rute mengelilingi kawasan wisata Malioboro,” kata Yunianto dikutip Antara, Senin (11/6/2018).

Bus Domapan (foto istimewa)

Adapun rute yang ditempuh bus wisata yakni mulai dari Taman Pintar Masuk ke Jalan Suryatmajan, Jalan Mataran lalu masuk ke Jalan Malioboro, Jalan Margo Mulyo, Jalan Senopati dan kembali lagi ke Taman Pintar.

Untuk jam operasional, bus milik Pemkot DIY ini hanya akan dioperasikan satu kali dalam sehari yaitu setiap pukul 10.00 WIB.

Kapasitas 25 penumpang

Bus pariwisata yang memiliki bentuk unik, yaitu berupa bus bertingkat dengan atap terbuka ini di bagian atas dilengkapi dengan tempat duduk total kapasitas 25 penumpang. Sehingga penumpang bisa menikmati suasana Yogyakarta terutama Malioboro dengan lebih leluasa.

Bus yang didominasi warna hijau dan merah tersebut memiliki panjang 7,47 meter, tinggi 3,15 meter, dan lebar 2,1 meter. Bus berkapasitas 30 penumpang. Bus hibah dari salah satu perusahaan tersebut diterima Kota Yogyakarta saat kota tersebut merayakan ulang tahun ke-259.

Tinggalkan Balasan