Langkah Hadapi Motor Mogok Di Jalan

Langkah Hadapi Motor Mogok Di Jalan

Berita Terkini Motor Mudik Tips

Langkah Hadapi Motor Mogok Di Jalan

MobilKomersial.com- Melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor memang terkadang riskan. Selain masalah capek, pegal, dan tentunya membutuhkan konsentrasi yang tetap fokus terjaga. Belum lagi dengan berbagai kendala yang kerap kali ditemui saat melakukan perjalanan. Akan tetapi, bagaimana kalau motor mogok tiba-tiba. Tentu kesal donk? Selain membuat panik pengendara, motor mogok juga dapat membahayakan. Apalagi mogoknya disaat jalanan lagi ramai, disaat kanan, kiri, depan belakang sedang kebut, terus motor tiba-tiba mogok. Resikonya adalah tabrak dari belakang.

Untuk itu, alangkah baiknya apabila sebelum berangkat, selalu di cek keadaan motor tersebut, apakah dalam keadaan baik atau sebaliknya. Akan tetapi, apabila sudah mogok ditengah jalan lebih baik ikuti langkah berikut ;

Bahan Bakar

Langkah pertama adalah cek apakah pasokan bensin masih ada atau sudah habis. Untuk itu, pastikan indikator bensin pada speedometer kalian berfungsi. Atau bisa dengan melihat secara langsung ke tangkinya dan pastikan tidak ada campuran air di dalam tangki bensin. Untuk motor bermesin injeksi, cobalah putar kunci kontak ke posisi “OFF” kemudian putar kembali ke posisi “ON”. Jika terdengar bunyi seperti mendengung beberapa detik saat kunci “ON”, maka kalian bisa lanjut ke langkah berikutnya.

Kelistrikan

Hal yang pertama di cek adalah kelistrikannya. Cek aki dengan pemasangan volt meter di motor. Dengan alat ini dapat memantau kinerja aki tersebut, apabila aki sudah lemah atau habis dapat menjadi penyebab motor mogok. Dan perhatikan juga sekring. Karena sekring yang putus juga dapat menyebabkan motor jadi mogok. bahkan mungkin ada kabel dari aki yang putus. Umumnya ini terjadi pada motor yang mengadopsi pengapian DC yang mana fungsi sebuah aki akan sangat penting. Kedua, cek indikator MID (Malfunction Indicator Display) yang biasanya ada pada motor injeksi tidak ada “warning” peringatan atau lampu berkedip. Namun biasanya meskipun indikator MID menyala pun masih bisa dinyalakan sehingga bisa kalian membawanya ke bengkel.

Busi

Walaupun kecil, bagian ini juga biasanya menyebabkan motor tiba-tiba mogok di tengah jalan. Cek percikan api yang terdapat pada busi. Busi yang mati akan menghasilkan percikan api yang lemah bahkan tidak ada percikan sama sekali. Cara terbaik adalah dengan melepas busi lalu colokkan busi pada cop busi. Cara ini membuat kalian bisa mengecek juga apakah bensin sudah tersalur dengan baik menuju ruang pembakaran.

Tempelkan busi pada bodi motor kemudian nyalakan kunci kontak ke posisi “ON” lalu pencet tombol starter. Apabila busi tidak mengeluarkan percikan api sama sekali bisa jadi busi kalian mati. Namun, cek juga kabel busi atau kabel koil pastikan tidak ada yang terlepas atau putus. Jika motor tetap tidak mau menyala berarti motor tersebut harus ditangani oleh orang yang lebih berpengalaman

Hits: 273

Tinggalkan Balasan