Lakukan 6 Hal ini Untuk Jaga Kondisi Mobil Tetap Baik Setelah di Ajak Mudik

Berita Terkini Mudik Tips

MobilKomersial.com – Mobil pribadi banyak menjadi pilihan untuk digunakan mudik kekampung halaman. Setelah kembali dari kampung halaman, sebaiknya lakukan perawatan pada kendaraan Anda untuk menjaga kondisi dan perfroma kendaraan tetap baik.

Berikut beberapa tips merawat mobil untuk menjaga kualitas mobil anda setelah digunakan dalam perjalanan jauh:

  1. Cuci mobil segera dan pastikan bagian kolong juga dicuci dengan bersih. Jika perlu, lakukan pencucian ini ke car wash agar mobil bersih merata. Jangan lupa untuk melakukan spooring roda supaya kondisinya tetap balance setelah melalui lubang dan melindas batu selama perjalanan liburan.
  2. Periksa rem dan kopling mobil anda. Kesehatan rem dan kopling mobil anda mungkin akan menurut seiring dengan kondisi jalanan yang dilewati, seperti lalu lintas yang macet, banyak tanjakan atau pun medan berat lainnya.
  3. Periksa kapasitas oli mesin lewat tongkat pengukur. Sebaiknya ganti baru meskipun baru menempuh 2.000 km. Sebab, oli telah bekerja keras menempuh putaran tinggi dan kemacetan selama berjam-jam. Oli mesin juga mungkin kotor akibat adanya karbon, asam dan zat kotoran lainnya dari proses pembakaran.
  4. Periksa filter oli, busi, saringan udara dan saringan bahan bakar. Bersihkan dari kotoran yang menempel agar bisa kembali bekerja maksimal.
  5. Periksa ketinggian air dalam radiator. Biasanya air radiator akan berkurang setelah mesin bekerja keras. Tambahkan coolant bila ketinggian air radiator tidak mencapai level maksimal gunakan air minum kemasan jika terpaksa.
  6. Tune Up rutin di bengkel-bengkel akan membuat mesin tetap awet,hal ini karena pada proses tune up keadaan komponen-komponen vital yang berhubugan dengan mesin seperti busi,filter bahan bakar dan oli akan terperiksa.

Baca juga : Pemkot Madiun Lepas 12 Bus Balik Gratis Tujuan Surabaya

Hits: 266

Tinggalkan Balasan