Begini Cara Kerja Ujicoba Truk Otonom Volvo untuk Angkutan Sampah di Swedia

Begini Cara Kerja Ujicoba Truk Otonom Volvo untuk Angkutan Sampah di Swedia

Berita Terkini Bus & Truk Mancanegara

MobilKomersial.com –  Begini Cara Kerja Ujicoba Truk Otonom Volvo untuk Angkutan Sampah di Swedia. Volvo Truck melakukan ujicoba pengoperasikan truk otonom tanpa pengemudi untuk mengangkut sampah di kawasan perkotaan di Swedia. Dalam uji coba ini Volvo bekerja sama dengan Renova, perusahaan manajemen pengelolaan sampah di Swedia.

Seperti apa cara kerja truk otonom ini saat dioperasikan memungut sampah? Ternyata, truk otonom ini dioperasikan dengan berjalan mundur.

Cara Kerja

Setelah semua sistem otomatisasi di truk ini diaktifkan, pada setiap pemberhentian di mana terdapat sampah yang harus diangkut, pengemudi naik ke atas bak truk dan menuju bagian belakang bak untuk mengangkat tong-tong sampah dan mengembalikan tong sampah yang sudah kosong. Setelah semua tugas dijalankan, truk akan kembali melaju untuk menjemput sampah di titik pemberhentian
berikutnya.

Proses UjiCoba

Selama proses uji coba ini pengemudi truk berjalan beriringan dengan truk sampah yang sedang diuji coba dan memonitor apa saja yang terpantau terkait dengan kinerja truk tersebut.
“Dengan mengoperasikan truk berjalan mundur, pengemudi bisa menutup unit compactor tanpa perlu harus bolak-balik berjalan ke arah kabin truk saat truk sedang dioperasikan,” ungkap Hans Zachrisson, Strategic Development Manager di Renova.

Pengoperasiannya Berjalan Mundur

Sebenarnya, mengoperasikan truk otonom ini dengan berjalan mundur memang berisiko tinggi karena mengemudi tidak bisa secara efektif memantau benda atau objek bergerak di belakang truk meskipun truk sudah dilengkapi kamera.

Hanya Di Area Tertentu tidak Boleh Mundur

Di area tertentu, selama ujicoba ini truk tidak boleh dioperasikan dengan berjalan mundur. Yang pasti, untuk mencegah segala kemungkinan buruk, semua bagian di truk ini sudah dilengkapi dengan sensor. Misalnya, ketika truk beroperasi dengan berjalan mundur dan ternyata di depan ada mobil yang sedang parkir, truk melalui sensornya, bisa menggeser atau membelokkan lajunya untuk menghindari tubrukan.

Kecepatan Faktor Penting

Karena dengan teknologi otonom ini truk mengontrol pengoperasian gigi, kemudi dan kecepatan, maka konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang juga bisa ditekan menjadi lebih rendah.
Kerjasama ujicoba Volvo Trucks dengan Renova ini akan berlangsug sampai dengan akhir 2017 ini dan akan diikuti dengan evaluasi mencakup aspek fungsi, keamanan dan adaptasinya bagi pengemudi, jalan yang dilintasi serta warga sekitar.

Begini Cara Kerja Ujicoba Truk Otonom Volvo untuk Angkutan Sampah di Swedia

Hits: 1362

Tinggalkan Balasan