Bahaya Jika Ada Embun Di Lampu Depan Mobil! Sebaiknya Lakukan Hal Ini..

MobilKomersial.com — Permasalahan yang sering terjadi pada mobil ketika di pagi hari, yaitu lampu depan mobil (headlamp) tiba-tiba menjadi berembun. Bahkan bukan hanya pagi saja, tetapi ketika hujan atau saat dicuci suka timbul masalah seperti itu. Otomatis hal ini akan mengganggu pencahayaan, apalagi terjadi pada saat malam hari, akan membahayakan buat pengemudi dan orang yang ada di sekitar jalan tersebut.

Kejadian seperti itu, biasanya akibat ada celah kosong antara rumah lampu dengan ruang bagian dalam, sehingga menyebabkan timbulnya embun di dalam lampu mobil.

Apabila mengalami hal seperti itu, banyak hal yang bisa dilakukan oleh pemilik mobil tersebut. Cara pertama, membuka rumah lampu, kemudian mengelap bagian dalam menggunakan lap yang berbahan dasar halus agar tidak merusak lampu dan rumahnya.

Baca juga : Mudik Dengan Mobil LCGC? Perhatikan Beberapa Hal Ini Dulu!

Cara lain, yaitu berhenti di tempat yang tidak terkena hujan. Kemudian nyalakan lampu seperti biasa dalam beberapa menit. Panas dari lampu akan membuat embun menghilang dengan sendirinya. Namun cara ini juga tergantung pada pori-pori lampu utama. Bila embun sudah menjadi genangan air, maka tidak ada cara lain selain membuka lampu.

Bila selalu mengalami hal seperti ini maka sebaiknya segera dilakukan tindakan. Lampu mobil berembun akan membuat warna lampu kusam. Kekusaman ini diakibatkan oleh jamur yang tumbuh subur di tempat lembab. Semakin kusam lampu, maka semakin buruk sistem penerangan dari mobil tersebut.

Bukan hanya itu, embun juga berpotensi membuat bohlam menjadi pecah. Apabila bohlam menyala, tak hanya cahaya yang dihasilkan tetapi juga panas. Bila air embun menyentuh bohlam, terjadi perbedaan suhu yang berpotensi besar memecah kaca bohlam. Hal ini belum termasuk dengan potensi korsleting listrik yang bisa saja terjadi ketika air menyentuh kabel lampu sehingga terjadi kebakaran.

Hits: 221

Tinggalkan Balasan