Surabaya Jadi Kota Penutup Kegiatan Kampanye Safety Driving Mercedes-Benz

Berita Terkini Bus & Truk Truk

Jakarta, MobilKomersial.com – Kota Surabaya menjadi kota penutup kegiatan kampanye safety driving untuk pengemudi truk yang diselenggarakan di tiga kota di Pulau Jawa. Kegiatan bertajuk “Safety First, Efficiency Follow” diselenggarakan selama dua hari oleh TruckMazg bersama PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), pada 8-9 Mei 2018.

Acara ini mendapat dukungan dari Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Timur. Surabaya dipilih jadi kota terakhir penyelenggaraan kegiatan ini karena dinilai sebagai kota penting di bisnis logistik. Surabaya selama ini menjadi titik pusat logistik antara bagian barat dan timur Indonesia, dan menghubungkan persediaan logistik dari Jawa, pusat dari sebagian besar pabrik di Indonesia, ke berbagai provinsi di wilayah timur.

Data di Kepolisian Jawa Timur menunjukkan, truk adalah kontributor signifikan pada kepadatan lalu lintas, khususnya jalan-jalan yang terhubung dengan pelabuhan Tanjung Perak. Di tahun 2015, jumlah kendaraan logistik yang beroperasi di Jawa Timur mencapai 408.894 unit, menjadikan keselamatan lalu lintas sebuah tantangan khusus bagi Kota Surabaya.

Daimler menggunakan truck Axor sebagai kendaraan pelatihan bagi para sopir truk di Kota Surabaya. Bagi Mercedez-Benz, kampanye keselamatan menjadi prioritas utama sejak pertama kali berdiri pada tahun 1886. “Pendekatan Mercedes-Benz dalam memastikan keselamatan mengemudi berfokus dalam aksi antisipatif, bukannya reaktif,” kata General Manager Commercial Vehicle Planning and Life Cycle Management South East Asia Region Daimler, Maximilian Knorr.

Pendekatan ini ditandai dengan analisa kecelakaan kendaraan niaga yang dilakukan pihak internal, yang mendukung pengembangan para insinyur dengan menyediakan berbagai informasi mengenai sebab dan akibat setiap kecelakaan. “Analisa ini menjadi elemen penting dalam pengembangan pengetahuan kombinasi tanpa tanding dan relevansi praktis dalam bentuk sistem-sistem keamanan aktif dan pasif,” ungkap Maximilian Knorr.
Penulis: Arieffandi

Hits: 213

Tinggalkan Balasan