Tips berkendara saat puasa

Siapkan Diri Agar Tidak Lemas Di Hari Pertama Puasa

Berita Terkini Tips

MobilKomersial.com – Pada 17 April 2018 ditetapkan sebagai hari pertama  Puasa. Di Bulan Ramadhan ini umat Muslim tetap menjalankan kewajibannya dengan kegiatan atau aktifitas seperti biasanya. Akan tetapi, bagi sebagian orang terutama untuk para pengguna jalan khususnya bikers, puasa kerap dikait-kaitkan dengan energi yang kurang yang membuat mudah lemas dan mudah mengantuk.

Hasilnya, banyak bikers yang berpuasa mengurangi aktivitasnya, apalagi bagi bikers yang selalu menggunakan sepeda motor seperti di kota-kota besar macam Jakarta, dengan alasan takut kehilangan konsentrasi dan bisa menurunkan keseimbangan tubuh.

Padahal, jika mengikuti pola makan (sahur dan buka) yang benar, hal-hal tersebut bisa dihindari, bahkan tubuh terasa jauh lebih bugar. Selain itu, agar puasa tetap lancar dan aktivitas berkendara dan lain sebagainya juga lancar, perhatikan beberapa tips yang dapat diterapkan bikers selama bulan Ramadhan ini yang mungkin bisa membantu, dikutip dari berbagai sumber;

  1. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks alias karbohidrat yang mengandung banyak serat, misalnya nasi merah, sayuran dan buah-buahan. Karbohidrat menyebabkan gula darah lambat dilepas ke dalam darah. Akibatnya, tubuh mudah lemas.
  2. Perhatikan Pola makan sahur. Pada saat sahur asupan cairan secukupnya minimal 2 gelas air mineral jangan paksakan makan dengan porsi terlalu besar. Rubah pemikiran makan banyak agar tidak lapar saat puasa di siang hari.
  3. Ada baiknya mengkonsumsi vitamin C dan E pada saat sahur untuk menunjang tubuh kita.
  4. Hindari menu makanan yang digoreng. Bukannya tubuh tidak butuh minyak, tetapi minyak sehat lebih diutamakan, misalnya kandungan dalam alpukat.
  5. Saat berbuka hindari makan dengan porsi yang terlalu banyak, karena kurang baik untuk kontraktilitas usus dan lambung, mulailah berbuka dengan makanan manis dan air secukupnya, yaitu meminum cairan elektrolit alami. Misalnya, air kelapa atau jus buah, bukan elektrolit sintetis. setelah 30 menit mulailah dengan makan utama.
  6. Waktu istirahat pun perlu diperhatikan. Istirahatlah antara pukul 22.00 – 23.00, berikan waktu pada tubuh untuk recharge tenaga.
  7. Pagi hari atau menjelang berbuka usahakan olahraga ringan, supaya tubuh kita tetap fresh.
  8. Lengkapi peralatan dan surat-surat kendaraan bermotor Anda dan usahakan mengenakan helm berkaca agak gelap supaya ketika berkendara di bawah terik matahari yang menyengat tidak mudah membuat mata lelah.
  9. Patuhi rambu-rambu lalu lintas dan seimbangkan konsentrasi berkendara jangan bermanuver atau sering menyerobot kendaraan lain selama perjalanan, karena saat berpuasa keseimbangan tubuh secara otomatis berkurang.
  10. Segera istirahat saat berkendara mulai terasa ngantuk, dan basuh wajah dengan air atau jika perlu, tidur sejenak untuk kembali fresh.

 

Itulah beberapa tips untuk biker saat Ramadhan, semoga informasi di atas dapat membantu kita berpuasa selama sebulan penuh. Selamat berpuasa…

Hits: 140

Tinggalkan Balasan