Selain Uji Kelaikan, Dishub DKI Wajibkan Tes Urin dan Kesehatan Pengemudi Angkutan Lebaran 2018

Saat Mudik Naiklah Bus yang Ada Stiker Kemenhub, bus dengan stiker mudik gratis lebaran 2018
Selain Uji Kelaikan, Dishub DKI Wajibkan Tes Urin dan Kesehatan Pengemudi untuk Angkutan Lebaran 2018

Jakarta, MobilKomersial.com – Jelang Mudik Lebaran 2018, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan memberlakukan tiga syarat utama yang harus diikuti oleh Perusahaan Otobus (PO) yang ingin lolos dalam Angkutan Lebaran 2018. Ketiga ketentuan tersebut terdiri dari uji kelaikan jalan, tes urin dan kesehatan bagi pengemudi bus.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Widjiatmoko menuturkan, seluruh armada angkutan Lebaran diwajibkan menjalani uji kelaikan jalan atau KIR. Hal itu sesuai arahan yang diatur langsung oleh Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2004 tentang Koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Terpadu dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 34 Tahun 2018 tentang Pengaturan Lalulintas pada Masa Angkutan Lebaran 2018.

Adapun untuk lokasi Uji kelaikan jalan bisa dilakukan di Unit Pengelola (UP) Pemeriksaan Kendaraan Bermotor (PKB) maupun gerai PKB di terminal keberangkatan utama, yakni Terminal Terpadu Pulogebang, Terminal Kali Deres, Terminal Kampung Rambutan dan Terminal Tanjung Priok.

“Bila dibutuhkan, uji PKB juga akan digelar di terminal pembantu sesuai dengan arahan Kepala Dinas Perhubungan DKI nanti. Sifatnya situasional,” Kata Sigitnseperti dikutip Tribunnews pada Kamis (24/5/2018).

“PO wajib menyediakan angkutan umum yang laik jalan. Apa yang dilakukan Dishub adalah sebuah bentuk perlindungan atas hak masyarakat sehingga aman dari kecelakaan,” tuturnya.

Selanjutnya, untuk tes urin dan kesehatan harus dijalani seluruh pengemudi bus setiap kali keberangkatan. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan pengemudi tidak dalam pengaruh minuman keras atau obat terlarang serta pengemudi dalam kondisi optimal untuk melakukan perjalanan.

Hits: 241

1 thought on “Selain Uji Kelaikan, Dishub DKI Wajibkan Tes Urin dan Kesehatan Pengemudi Angkutan Lebaran 2018

Tinggalkan Balasan