PO. Siliwangi Antar Nusa (SAN) Hadirkan 5 Armada Bus Kelas Ekonomi Fasilitas Premium (foto : dok PO SAN)

PO. Siliwangi Antar Nusa (SAN) Hadirkan 5 Armada Bus Kelas Ekonomi Berfasilitas Premium

Berita Terkini

Jakarta, MobilKomersial.com – PT. SAN Putra Sejahtera yang dikenal dengan PO. Siliwangi Antar Nusa (SAN) sejak tahun 2003 hingga saat ini telah melayani penumpang dengan rute Riau-Solo-Blitar. Selama kurang lebih 15 tahun berkecimpung di dunia transportasi, PO SAN selalu menyajikan pelayanan yang maksimal. Seperti kali ini, PO SAN telah menghadirkan bus dengan fasilitas premium namun untuk penumpang kelas ekonomi.

Sebanyak lima unit Maxi bus 3-axle (tiga sumbu roda) , bus yang menggunakan chassis Volvo B7R itu melayani rute Pasir Pangaraian (Riau) ke Blitar.

“Kami menghadirkan armada bus terbaru yang terbaik untuk penumpang setia kami dari Sumatera ke Jawa maupun sebaliknya,” kata Kurnia Lesani Adnan, Direktur Utama PT SAN Putra Sejahtera dalam siaran tertulisnya.

Kabin Bus Kelas Ekonomi Fasilitas Premium dari PO SAN (foto dok PO SAN)

Kurnia Lesani Adnan yang biasa dipanggil Sani, menerangkan lebih jauh bahwa ada keunikan dalam kelas Ekonomi Premium. Secara bangku, bus itu memiliki konfigurasi kursi 2-2 yang identik dengan kelas Eksekutif. Namun, panjang bus yang mencapai 13,5 meter membuat bus bisa diisi untuk memuat 52 kursi + 2 untuk wilayah smoking area.

“Mengapa kami sebut Ekonomi Premium, pertama bus ini menggunakan chassis bus premium yang ada di kelas teratas dari chassis bus premium di Indonesia saat ini. Karena jumlah kursi, kami tidak bisa menyebutnya sebagai kelas Eksekutif walaupun fasilitas seperti AC, sarana hiburan, toilet bantal dan selimut serta konfigurasinya sudah dua kursi di kanan dan dua kursi di kiri. Akhirnya kami menyebut kelas ini sebagai Ekonomi Premium,” ungkap Sani.

Fitur

Selain suspensi udara, bus premium untuk kelas Ekonomi ini pun kaya akan fitur lain bus seperti fitur keselamatan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Braking System (EBS) serta Retarder untuk sistem pengereman.

Fitur unggulan lain yakni Hill Hold juga tersedia untuk memudahkan pengemudi saat berhenti dalam kondisi menanjak. Transmisi Opticruise dari Scania meringankan kerja pengemudi selain kerja transmisi ini seperti transmisi semi otomatis (automated transmission) juga ada fitur Cruise Control di dalamnya. Tenaga 410 HP yang dihasilkan dari mesin membuat perjalanan di atas bus ini senyaman naik sedan.

PO. SAN menjadi perusahaan bus pertama di Indonesia yang mengoperasikan bus Maxi (Bus dengan Gross Vehicle Weight 18 Ton ke atas) tiga sumbu untuk rute antar pulau. Jarak tempuh satu kali perjalanan di atas 2.000 Km untuk rute Pasir Pangaraian ke Blitar.

Hits: 608

Tinggalkan Balasan