Pengemudi Bus Scania Ini Banyak Serap Ilmu Baru Usai Ikuti Workshop Defensive Driving Jasa Marga

Berita Terkini Bus Bus & Truk Transportasi

Jakarta, MobilKomersial.com – Sutono, pengemudi bus malam PO SAN Putra Sejahtera, Pekanbaru-Solo-Blitar mengaku banyak mendapatkan manfaat selama mengikuti kegiatan workshop defensive driving yang diselenggarakan Jasa Marga di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (15/5/2018) lalu.

Dia mengaku wawasannya tentang keselamatan mengemudikan bus jadi bertambah setelah mengikuti workshop yang materi pelatihannya diberikan oleh Indonesia Defensive Driving Center (IDDC) ini.

“Saya senang bisa ikut pelatihan ini. Senang, karena baru kali pertama ikut. Bamyak materi yang saya dapat. Banyak perubahan tentang teori mengemudi yang ternyata selama ini belum saya dapatkan,” kata Sutono.

Baca juga : Kemenhub Sediakan Bus Double Decker Bagi Pemudik Yang Beruntung

Sutono memang sebelumnya pernah mengikuti beberapa kali pelatihan, namun lebih ke materi pelatihan skill mengemudikan bus lantaran oleh perusahaannya, Sutono pernah dipercaya mengemudikan beberapa tipe bus Scania sekaligus, sampai sekarang. Misalnya, training pelatihan mengemudi bus K410 IB 6*2 bersama instruktur dari United Tractors di Solo selama 4 hari. Sebelumnya, Sutono juga pernah mendapat materi pelatihan teknik membawa bus Scania K360 Overshift, dan Scania K310.

Direktur Operasi II Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan workshop ini digelar oleh Jasa Marga untuk menyukseskan program “Mudik Bareng BUMN 2018”, dimana Jasa Marga menyediakan 26 unit bus dengan berbagai kota tujuan.

Dalam workshop ini IDDC melakukan evaluasi cara mengemudi peserta mengacu pada bagaimana sikap peserta dan tingkat kewaspadaan diaplikasikan pada setiap materi workshop. Para peserta harus memahami dengan jelas mengenai maksud materi workshop dan juga kemauan untuk memperbaiki segala kesalahan yang dibuat ketika mengemudi. Ketenangan, kesabaran, kedewasaan, dan kepribadaian peserta juga merupakan faktor penting dalam workshop ini.

“Melalui workshop ini, Jasa Marga berharap angka kecelakaan saat mudik atau arus balik Lebaran 2018 dapat ditekan, terutama yang melibatkan kendaraan bus,” kata Subakti Syukur. “Kami di Jasa Marga selalu mengingatkan kepada seluruh pengemudi untuk selalu berhati-hati dan mematuhi peraturan lalu lintas untuk keselamatan bersama,” imbuhnya.

 Penulis : Arieffandi

Hits: 157

Tinggalkan Balasan