Nikola Motor

Nikola Kalahkan Tesla, Raih Pesanan 800 Unit Truk Semi Elektrik dari Anheuser-Busch

Berita Terkini Bus & Truk Mancanegara Truk
MobilKomersial.com — Nikola Motor Co. panen besar. Produsen truk listrik yang menjadi kompetitor Tesla ini, menerima pesanan 800 unit truk semi listrik dari perusahaan bir, Anheuser-Busch. Pesanan ini jauh melampaui pesanan truk semi Anheuser-Busch kepada Tesla sebelumnya yang hanya sebanyak 40 unit.
Tesla dan Nikola menggunakan teknologi berbeda untuk produksi truk listriknya. Tesla mengandalkan baterai untuk teknologi powertrain-nya. Sementara Nikola menggunakan hydrogen fuel cells. Tapi kesamaannya, kedua teknologi ini sama-sama menghasilkan nol emisi gas buang, alias sangat ramah lingkungan.
Tesla dan Nikola saat ini saling bersaing keras memperebutkan konsumen truk listrik di tengah dominasi truk bermesin diesel konvensional.
Ingrid De Ryck, Vice President Procurement and Sustainability Anheuser-Busch mengatakan, perusahaannya akan mengganti seluruh armada truknya yang bermesin diesel konvensional sebanyak 800 unit dengan truk listrik. Inisiatif itu diperkirakan akan tuntas direalisasikan tahun 2025.
Anheuser-Busch memang berencana menurunkan emisi karbon hingga 25 persen di seluruh rantai bisnisnya di tahun 2025. “Strategi ini akan membantu kami mempertahankan keberlangsungan bisnis dalam jangka panjang,” kata De Ryck. Pasar truk semi untuk tipe heavy duty tumbuh lambat di Amerika Serikat. Tahun 2016 lalu, sebanyak 249.952 unit truk terjual di AS, mayoritas merupakan truk bermesin diesel biasa. Pasar truk di negeri Paman Sam hanya tumbuh 0,6 persen di tahun 2017 jika dibandingkan capaian di 2016.
“Pesanan 800 unit truk semi dari Nikola ini adalah transaksi bisnis yang besar,” komentar Antii Lindstrom, yang bertanggung jawab mengelola pasar truk Nikola untuk IHS Markit.
Hadirnya truk listrik akan mencoba membuktikan diri mereka lebih efisien dari sisi total cost ownership jika dibandingkan dengan truk bermesin konvensional. Bahkan meskipun investasi pembelian truk listrik lebih mahal di awalnya.
Penulis: Arieffandi

Hits: 195

Tinggalkan Balasan