Kota Berlin Borong 950 Unit Bus Kota Mercedes-Benz Citaro Gandeng dan Single Bus

Berita Terkini Bus Bus & Truk Mancanegara

Berlin – Berliner Verkehrs­betriebe (BVG), perusahaan operator bus kota di Kota Berlin, Jerman, melakukan pemesanan partai besar bus kota Citaro dari Mercedes-Benz untuk beberapa tahun ke depan sekaligus.

Kesepakatan pembelian ke-950 unit bus Mercedes-Benz Citaro itu sudah disepakati oleh BVG dan Daimler Buses dan akan mencakup rincian, 600 unit diantaranya adalah tipe bus gandeng dan 350 diantaranya adalah single bus. Bus-bus ini selanjutnya dioperasikan sebagai armada bus kota di Kota Berlin oleh BVG.

Kesepakatan yang ditandatangani kedua perusahaan untuk pemesanan bus dalam jumlah besar ini dibuat fleksibel, karena di dokumen perjanjiannya tidak disebutkan kapan dimulai proses pengirimannya. Semua bus kota Mercedes-Benz Citaro dilengkapi dengan mesin yang sangat efisien dengan emisi gas buang yang rendah, mengacu pada regulasi Euro 6 yang berlaku di Uni Eropa.

Berliner Verkehrsbetriebe BVG saat ini mengoperasikan 1.400 unit bus di 154 rute di Kota Berlin, termasuk 1.000 unit diantaranya merupakan bus gandeng dan bus single. Lebih dari 300 diantaranya merupakan bus kota bermesin Mercedes-Benz. Sepanjang tahun 2017 lalu saja BVG sukses mengangkut 441 juta penumpang.

Mercedes‑Benz sejak lama mendominasi jalanan di Jerman sebagai armada transportasi massal. Bus-bus Mercedes-Benz hadir sejak tahun 1905 di Kota Berlin. Saat itu, bus-bus Mercedes-Benz dioperasikan oleh “Allgemeine Berliner Omnibus Aktien Gesellschaft” (ABOAG), yang merupakan perusahaan cikal bakal  Berliner Verkehrsbetriebe (BVG).

Dengan total lebih dari 50.000 unit bus yang telah terjual, Mercedes-Benz Citaro merupakan bus kota terlaris di dunia saat ini. Bus ini dioperasikan di hampir semua kota besar di Eropa. Diluncurkan pertama kali ke pasar tahun 1997, Mercedes-Benz kemudian merilis versi kedua dari Citaro tahun 2011. Citaro kini hadir dalam versi buskota single, bus kota gandeng, serta bus low entry dengan kode Citaro LE.

Bus kota empat axle dengan bodi ekstra panjang bernama CapaCity juga dirancang menggunakan basis bus kota Citaro. Di tahun 2012, Citaro menjadi bus kota pertama di dunia yang dinyatakan memenuhi standar Euro 6.

Penulis: Arieffandi

Hits: 170

Tinggalkan Balasan